//

PENGARUH HARGA DIRI TERHADAP KECEMASAN SOSIAL REMAJA PADA SISWA DI SMA NEGERI BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Rizka Tami Untari - Personal Name
SubjectANXIETY
EMOSIONS
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2016

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Untari, Rizka Tami. Pengaruh Harga Diri terhadap Kecemasan Sosial Remaja pada Siswa di SMA Negeri Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Drs Syaiful Bahri, M.Pd., (2) Fajriani, S.Pd, M.Ed Kata Kunci: Harga Diri, Kecemasan Sosial Harga diri yang sehat ditandai dengan perilaku percaya diri ketika dihadapkan pada situasi sosial, jika muncul perasaan tidak nyaman dan merasa diri buruk dapat mencerminkan tingkat harga diri remaja sehingga memunculkan kecemasan sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang harga diri dan kecemasan sosial pada siswa serta untuk mengetahui besarnya pengaruh harga diri terhadap kecemasan sosial pada remaja secara signifikan. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian adalah siswa di SMAN 3, SMAN 11 dan SMAN 8 kelas XI dan XII berjumlah 1463 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik stratified random sampling dengan menggunakan rumus slovin sehingga diperoleh sampel dengan jumlah 314 siswa. Pengumpulan data menggunakan instrumen skala psikologi dengan skor 14. Analisis data penelitian menggunakan analisis deskriptif dan regresi linear sederhana. Hasil analisis deskriptif data menunjukkan bahwa siswa SMA Negeri Banda Aceh memiliki harga diri dalam kategori sangat tinggi dengan persentase sebesar 82,8 % dan siswa SMA Negeri Banda Aceh memiliki kecemasan sosial dalam kategori sedang dengan persentase sebesar 56,6 %. Hasil analisis regresi menunjukkan ada pengaruh signifikan harga diri terhadap kecemasan sosial, yang ditunjukkan dengan Fhitung sebesar 37,575, nilai koefisien regresi sebesar 0,389 pada taraf signifikansi 0,000. Koefisien regresi sebagai nilai arah penentu ramalan (prediksi) yang menunjukkan nilai penurunan variabel kecemasan sosial, artinya setiap kenaikan 1 nilai harga diri pada siswa maka kecemasan sosial menurun sebesar 0,389. Penurunan nilai kecemasan sosial menunjukkan koefisien bernilai negatif dari harga diri artinya semakin tinggi nilai pada harga diri maka semakin rendah kecemasan sosial remaja pada siswa di SMA Negeri Banda Aceh. Kepada peneliti selanjutnya untuk dapat mengkaji lebih lanjut mengenai Pengaruh Harga Diri terhadap Faktor Lainnya.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN PENYESUAIAN SOSIAL DENGAN HARGA DIRI SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 9 BANDA ACEH TAHUN 2014 (Muhammad Effendy, 2014)

PENGARUH DUKUNGAN SOSIAL ORANG TUA DAN TEMAN SEBAYA TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI REMAJA (irdayani fitri, 2014)

PERBEDAAN TINGKAT KECEMASAN SISWA KELAS AKSELERASI DENGAN SISWA KELAS REGULER DI SMA NEGERI MODAL BANGSA ACEH (Rahmat Ikbal, 2015)

HUBUNGAN ANTARA HARGA DIRI DENGAN KECANDUAN PERMAINAN DARING PADA REMAJA (RIZKY MAULIDYA, 2021)

HUBUNGAN ANTARA CITRA TUBUH DENGAN HARGA DIRI PADA REMAJA PUTRI AWAL DI KECAMATAN KUTA ALAM BANDA ACEH (PUTRI WAHYUNI, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy