Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
HUBUNGAN REGULASI DIRI DENGAN KECEMASAN AKADEMIS PADA SISWA SMA NEGERI 1 BANDA ACEH
Pengarang
Iqbal Nugraha - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
1006104030050
Fakultas & Prodi
Fakultas KIP / Bimbingan dan Konseling (S1) / PDDIKTI : 86201
Subject
Penerbit
Banda Aceh : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA., 2017
Bahasa
Indonesia
No Classification
155.262
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
ABSTRAK
Iqbal Nugraha, Hubungan Regulasi Diri dengan Kecemasan Akademis pada Siswa SMA Negeri 1 Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing:
(1) Dra. Nurhasanah, M.Pd., (2) Qurrata A’yuna, S.Pd., M.Pd. Kons.
Kata kunci: Regulasi Diri - Kecemasan Akademis - Siswa
Siswa yang mempunyai regulasi diri akan dapat mengelola permasalahan yang dihadapinya dalam proses belajar dengan baik. Sebaliknya, siswa yang tidak mempunyai regulasi diri akan dilanda kecemasan akademis ketika berhadapan dengan berbagai permasalahan di sekolah, terutama dalam proses belajarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran regulasi diri, kecemasan akademis dan hubungan antara kedua variabel tersebut pada siswa SMA Negeri 1 Banda Aceh. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI yang berjumlah 199 orang. Sedangkan sampel penelitian sebanyak 133 siswa. Jenis penelitian adalah deskriptif korelasional dengan pendekatan kuantitatif dan teknik pengumpulan data melalui angket skala psikologi (Likert). Teknik analisis data menggunakan deskriptif persentase dan korelasi. Hasil analisis deskriptif data menunjukkan bahwa gambaran regulasi diri siswa berada pada kategori tinggi. Hal tersebut terlihat dari jumlah frekuensi jawaban dimana pada umumnya siswa yaitu 113 orang atau sebesar 85,0% berada dalam kategori tinggi. Gambaran kecemasan akademis siswa termasuk kategori sedang. Hal tersebut terlihat dari jumlah frekuensi jawaban sebagian besar siswa yaitu 102 orang atau sebesar 76,7% berada dalam kategori sedang. Berdasarkan hasil penelitian mengenai hubungan antara regulasi diri dengan kecemasan akademis pada siswa diketahui bahwa nilai r tabel dengan df 132 (alpha = 0,05) maka ditemukan r hitung sebesar -0,753. Apabila dihubungkan dengan nilai r tabel (0,1703) maka r hitung > r tabel atau -0,753 > 0,1703. Artinya, regulasi diri berhubungan secara negatif dengan kecemasan akademis siswa. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa, terdapat hubungan yang kuat, signifikan dan tidak searah antara regulasi diri dengan kecemasan akademis pada siswa. Dengan kata lain, semakin tinggi regulasi diri pada siswa, maka akan semakin rendah kecemasan akademisnya.
Tidak Tersedia Deskripsi
HUBUNGAN REGULASI DIRI DENGAN KECEMASAN AKADEMIS PADA SISWA SMA NEGERI 1 BANDA ACEH (Iqbal Nugraha, 2017)
HUBUNGAN REGULASI DIRI DENGAN KECEMASAN MENGHADAPI DUNIA KERJA PADA MAHASISWA TINGKAT AKHIR UNIVERSITAS SYIAH KUALA (T. Riki Azhari, 2016)
HUBUNGAN IKLIM KELAS DENGAN REGULASI DIRI DALAM BELAJAR BAHASA INDONESIA PADA SISWA SMA NEGERI DI BANDA ACEH (MARINA ULFAH, 2020)
HUBUNGAN REGULASI DIRI DENGAN PERILAKU CYBERLOAFING PADA PEGAWAI NEGERI SIPIL DI BANDA ACEH (Indah Ayu Pertiwi, 2019)
HUBUNGAN REGULASI DIRI DENGAN INTENSITAS PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL PADA REMAJA (SUATU PENELITIAN DI SMAN 2 BUKIT KAB. BENER MERIAH) (Laili Rizqi, 2015)