HUBUNGAN REGULASI DIRI DENGAN KECEMASAN AKADEMIS PADA SISWA SMA NEGERI 1 BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

HUBUNGAN REGULASI DIRI DENGAN KECEMASAN AKADEMIS PADA SISWA SMA NEGERI 1 BANDA ACEH


Pengarang

Iqbal Nugraha - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1006104030050

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Bimbingan dan Konseling (S1) / PDDIKTI : 86201

Penerbit

Banda Aceh : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA., 2017

Bahasa

Indonesia

No Classification

155.262

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK


Iqbal Nugraha, Hubungan Regulasi Diri dengan Kecemasan Akademis pada Siswa SMA Negeri 1 Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing:
(1) Dra. Nurhasanah, M.Pd., (2) Qurrata A’yuna, S.Pd., M.Pd. Kons.


Kata kunci: Regulasi Diri - Kecemasan Akademis - Siswa
Siswa yang mempunyai regulasi diri akan dapat mengelola permasalahan yang dihadapinya dalam proses belajar dengan baik. Sebaliknya, siswa yang tidak mempunyai regulasi diri akan dilanda kecemasan akademis ketika berhadapan dengan berbagai permasalahan di sekolah, terutama dalam proses belajarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran regulasi diri, kecemasan akademis dan hubungan antara kedua variabel tersebut pada siswa SMA Negeri 1 Banda Aceh. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI yang berjumlah 199 orang. Sedangkan sampel penelitian sebanyak 133 siswa. Jenis penelitian adalah deskriptif korelasional dengan pendekatan kuantitatif dan teknik pengumpulan data melalui angket skala psikologi (Likert). Teknik analisis data menggunakan deskriptif persentase dan korelasi. Hasil analisis deskriptif data menunjukkan bahwa gambaran regulasi diri siswa berada pada kategori tinggi. Hal tersebut terlihat dari jumlah frekuensi jawaban dimana pada umumnya siswa yaitu 113 orang atau sebesar 85,0% berada dalam kategori tinggi. Gambaran kecemasan akademis siswa termasuk kategori sedang. Hal tersebut terlihat dari jumlah frekuensi jawaban sebagian besar siswa yaitu 102 orang atau sebesar 76,7% berada dalam kategori sedang. Berdasarkan hasil penelitian mengenai hubungan antara regulasi diri dengan kecemasan akademis pada siswa diketahui bahwa nilai r tabel dengan df 132 (alpha = 0,05) maka ditemukan r hitung sebesar -0,753. Apabila dihubungkan dengan nilai r tabel (0,1703) maka r hitung > r tabel atau -0,753 > 0,1703. Artinya, regulasi diri berhubungan secara negatif dengan kecemasan akademis siswa. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa, terdapat hubungan yang kuat, signifikan dan tidak searah antara regulasi diri dengan kecemasan akademis pada siswa. Dengan kata lain, semakin tinggi regulasi diri pada siswa, maka akan semakin rendah kecemasan akademisnya.






Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK