//

PENGGUNAAN METODE PROBLEM SOLVING PADA MATERI PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI KELAS IV DI SD NEGERI 50 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nurjani - Personal Name
SubjectMETHODS OF STUDY
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

Penelit ian ini berjudul Penggunaan Metode Problem Solving Pada Materi Perkembangan Teknologi Komunikasi Kelas IV SD Negeri 50 banda Aceh. Adapun masalahnya “Apakah dengan penggunaan metode problem solving dapat mencapai ketuntasan belajar siswa pada materi perkembangan teknologi komunikasi kelas IV SD Negeri 50 Banda Aceh?”. Penelit ian ini bertujuan untuk mengetahui ketuntasan belajar siswa pada materi perkembangan teknologi komunikasi kelas IV SD Negeri 50 Banda Aceh melalui penggunaan metode problem solving. Hipotesis penelit ian ini menyatakan bahwa “Penggunaan metode problem solving dapat mencapai ketuntasan belajar siswa pada materi perkembangan teknologi komunikasi kelas IV SD Negeri 50 Banda Aceh”. Populasi dalam penelit ian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 50 Banda Aceh yang terdiri dari 4 ruang kelas dan yang menjadi sampel adalah seluruh kelas IV-B SD Negeri 50 Banda Aceh semester genap tahun ajaran 2011/2012, dengan jumlah murid 31 0rang. Pendekatan penelit ian ini adalah pendekatan kuant itatif, sedangkan jenis penelit ian bersifat eksperimen semu. Untuk memperoleh data diperlukan pembelajaran tentang materi perkembangan teknologi komunikasi setelah 3x pertemuan diadakan tes sesuai dengan nilai KKM pada mata pelajaran IPS yaitu 74, dengan soal tes berbentuk pilihan ganda. Data yang diperoleh kemudian diolah dengan menggunakan uji-t, pada taraf signifikan = 0,05. Hasil penelit ian menunjukkan bahwa H ditolak dan H diterima. Sehingga hipotesis ini menyatakan bahwa “Penggunaan metode problem solving dapat mencapai ketuntasan belajar siswa pada materi perkembangan teknologi komunikasi kelas IV SD Negeri 50 Banda Aceh”, dapat diterima.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERKEMBANGAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN SELF EFFICACY SISWA MELALUI PENDEKATAN PROBLEM SOLVING (Hesti Arianti, 2018)

PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN METODE PROBLEM SOLVING DAN PROBLEM POSING PADA MATERI ALAT-ALAT OPTIK DI SMP NEGERI 8 BANDA ACEH TAHUN AJARAN 2013/ 2014 (Emilia, 2014)

PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM POSING DAN PROBLEM SOLVING TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM EKSKRESI MANUSIA KELAS VIII NEGERI 18 BANDA ACEH (Shelly Muslima, 2016)

PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KETUNTASAN BELAJAR IPS MATERI PERKEMBANGAN TEKNOLOGI PRODUKSI, KOMUNIKASI, DAN TRANSPORTASI PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 BANDA ACEH (putri faradina, 2014)

PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA MELALUI PENDEKATAN PROBLEM SOLVING BERBANTUAN SOFTWARE HOT POTATOES (FATIMAH NUR, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy