//

PENERIMAAN MANULA TERHADAP MENU MAKANAN DI PANTI JOMPO RUMOH SEUJAHTERA GEUNASEH SAYANG BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Maya Aprilita - Personal Name
SubjectELDERLY-OLDER PERSONS-PHYSIOLOGY
FUNCTIONAL LIMITATION
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Maya, Aprilita. 2017. Penerimaan Manula Terhadap Menu Makanan di Panti Jompo Rumoh Seujahtera Geunaseh Sayang Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Dra Rahmi Kamal, M.Pd., (2) Laili Suhairi, S.Pd, M.Si. Kata kunci: penerimaan, manula, menu makanan, panti jompo Fase manula (manusia lanjut usia) adalah fase usia yang perlu mendapat perhatian lebih dari anggota keluarga. Pola makan yang tidak tepat dapat mempengaruhi kualitas hidup manula, mulai dari kesehatan, produktivitas dan semangatnya. Mengingat kondisi fisik yang mengalami penurunan, pola makan manula harus mendapat perhatian secara khusus. Sisa makanan menjadi salah satu bukti penerimaan atau tidaknya menu makan yang disajikan oleh petugas untuk manula di Panti Jompo Rumoeh Seujahtera Geunaseh Sayang Banda Aceh. Permasalah dalam penelitian ini bagaimana tingkat penerimaan manula terhadap menu makanan di Panti Jompo Rumoh Seujahtera Geunaseh Sayang Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan mengetahui tingkat penerimaan manula tehadap menu makanan di Panti Jompo Rumoh Seujahtera Geunaseh Sayang Banda Aceh. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Kualitatif, yaitu menghitung sisa makanan yang tidak dihabiskan oleh manula di Panti Jompo Rumoh Seujahtera Geunaseh Sayang. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi serta menimbang dan mencatat makanan yang disajikan, berserta sisa makanan yang tidak dihabiskan oleh manula. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manula kurang menerima menu makanan di Panti Jompo. Banyak makanan yang tidak dihabiskan oleh manula. Rata-rata yang dikonsumsi responden dengan angka terendah adalah 615 gr per tiga hari dan angka tertinggi adalah 1182,66 gr pertiga hari. Hal tersebut dikarenakan menu yang disajikan monoton/ kurang bervariasi dan juga terjadinya pengulangan menu makanan sehingga menimbulkan kebosanan. Dalam penelitian ini dapat disimpulkan peneriman manula terhadap menu makanan yang disajikan di Panti Jompo Rumoh Seujahtera Geunaseh Sayang Banda Aceh kurang disukai dikarenakan dari segi rasa, cara pengolahan dan penyajiannya kurang menarik. Manula (Manusia Usia Lanjut) perlu mendapatkan perhatian secara khusus tentang asupan makanan. Hal ini karena kondisi fisik manula mengalami penurunan.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ADAPTASI SOSIAL LANSIA DI PANTI JOMPO UPTD RUMOH SEUJAHTERA GEUNASEH SAYANG GAMPONG LAMGLUMPANG KECAMATAN ULEE KARENG KOTA BANDA ACEH (NANDA MUSTIKE, 2018)

PROFIL PENGHUNI PANTI JOMPO RUMOH SEUJAHTERA GEUNASEH SAYANG BANDA ACEH (Rahmad Wijaya, 2019)

PROFIL LANSIA TERKAIT DENGAN FAKTOR RESIKO HIPERTENSI PADA LANSIA DI UPTD PANTI JOMPO RUMOH SEUJAHTRA GEUNASEH SAYANG BANDA ACEH TAHUN 2013 (Rasyid Sulaiman Siregar, 2014)

GAMBARAN STRESSOR PADA LANSIA YANG TINGGAL DI RUMAH BERSAMA KELUARGA DAN DI UPTD (UNIT PELAKSANA TEKNIS DINAS) RUMOH SEUJAHTERA GEUNASEH SAYANG BANDA ACEH TAHUN 2012 (ZUHAIRA F, 2014)

GAMBARAN PERIODONTITIS KRONIS PADA USIA LANJUT DI UPTD RUMOH SEUJAHTERA GEUNASEH SAYANG ULEE KARENG KOTA BANDA ACEH (Rauzha Wulana Cindy, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy