//

IDENTIFIKASI JAMUR ASPERGILLUS PADA KACANG TANAH SANGRAI

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Yulissa Aidilla Sukma - Personal Name
SubjectMEDICINAL PLANTS
IDENTIFIKASI JAMUR ASPERGILLUS
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Sukma, Yulissa Aidilla. 2016. Identifikasi Jamur Aspergillus Pada Kacang Tanah Sangrai. Skripsi, Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Dr. Samingan, M. Si., (2) Iswadi, S.Pd., M.Si. Kata kunci : identifikasi, Aspergillus, kacang tanah sangrai Aspergillus merupakan salah satu jamur genus tertua. Aspergillus sering mengkontaminasi makanan, salah satunya adalah kacang tanah sangrai. Kacang tanah sangrai yang dijual menggunakan kemasan gelas plastik dan kantong plastik dengan masa simpan yang lama (2-3 bulan atau lebih). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keberadaan Aspergillus pada kacang tanah sangrai berdasarkan jenis kemasan, masa penyimpanan, dan kadar air. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui beberapa tahapan yaitu pengambilan sampel, pembuatan media, isolasi jamur, dan identifikasi jamur. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa Aspergillus terdapat pada kedua kemasan (gelas plastik dan kantong plastik), masa penyimpanan (1-4 minggu), serta kadar air (6%), adapun jenisnya adalah Aspergillus flavus, Aspergillus sp.1, Aspergillus sp.2, Aspergillus sp.3. Terdapat perbedaan jumlah dan jenis jamur pada kedua jenis kemasan dan masa penyimpanan. Namun ada satu jenis jamur yang terdapat pada kedua jenis kemasan dan masa penyimpanan yaitu Aspergillus flavus. Hal tersebut dikarenakan jamur Aspergillus flavus merupakan jamur utama yang sering mengkontaminasi kacang tanah, bersifat kosmopolit sehingga keberadaannya lebih dominan dibandingkan dengan jamur Aspergillus spp. lainnya yaitu Aspergillus sp.1, Aspergillus sp.2, Aspergillus sp.3.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

INVENTARISASI JAMUR PADA SARANG RAYAP DI STASIUN PENELITIAN SUAQ BALIMBING TAMAN NASIONAL GUNUNG LEUSER (Sirtina Hanum, 2017)

ISOLASI DAN IDENTIFIKASI JAMUR ENDOFIT PADA KULIT BUAH DELIMA PUTIH (PUNICA GRANATUM L.) (Nurul Husna, 2016)

ISOLASI DAN IDENTIFIKASI ASPERGILLUS SP. PADA KANTUNG HAWA PUYUH (COTURNIX JAPONICA) (MEGA CEMPAKA PUTRI, 2020)

ISOLASI DAN IDENTIFIKASI JAMUR INVASIF ASPERGILLUS SP. PADA MERPATI (COLUMBA LIVIA ) (, 2021)

DAYA HAMBAT EKSTRAK ETANOL DAUN SIRSAK (ANNONA MURICATA L)TERHADAP PERTUMBUHAN JAMUR ASPERGILLUS SP. (INHIBITION OF ETHANOL EXSTRACT SOURSOP LEAVES (ANNONA MURICATA L.) ON THE GROWTH OF THE ASPERGILLUS SP.) (HOTNIDA SHOFIAH HASIBUAN, 2021)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy