PENGARUH SELF ESTEEM TERHADAP PERILAKU PROSOSIAL SISWA SMP N 18 BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PENGARUH SELF ESTEEM TERHADAP PERILAKU PROSOSIAL SISWA SMP N 18 BANDA ACEH


Pengarang

Yanti Sri Wahyuni - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1206104030069

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Bimbingan dan Konseling (S1) / PDDIKTI : 86201

Subject
Penerbit

Banda Aceh : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA., 2017

Bahasa

Indonesia

No Classification

374

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK

Sri Wahyuni, Yanti. 2017. Pengaruh Self Esteem Terhadap Prilaku Prososial Pada Siswa Remaja di SMP Negeri 18 Banda Aceh. Skripsi. Jurusan Bimbingan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala.
Pembimbing :

(1) Drs. Syaiful Bahri, M.Pd (2) Drs.M.Husen, M.Pd

Kata Kunci: Self Esteem, Perilaku Prososial

Perilaku prososial adalah tindakan sukarela yang dimaksudkan untuk memberikan keuntungan pada individu atau sekelompok individu, meliputi aspek altruism (suka rela), compliant (permintaan), emotional (emosi), public (umum), anonymous (tanpa diketahui) dan dire (situasi darurat). Self esteem adalah penilaian atau evaluasi secara positif dan negatif terhadap dirinya sendiri, meliputi dimensi successes (keberhasilan), values (nilai-nilai), aspirations (aspirasi-aspirasi), defenses (pertahanan). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran self esteem, perilaku prososial dan pengaruh yang signifikan self esteem terhadap perilaku prososial pada siswa SMP Negeri 18 Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian ex-postfacto. Populasi penelitian ini adalah siswa SMP N 18 Banda Aceh sedangkan pengambilan sampel dalam menggunakan teknik stratified sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan skala psikologi dan skala likert. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji normalitas, uji homogenitas, uji linearitas dan uji regresi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel pengaruh self esteem (X), terbukti memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku prososial siswa (Y) hal ini ditunjukkan dari hasil uji F, dimana Fhitung > Ftabel (55,203 > 0,1381), maka hasil tersebut dinyatakan memiliki dampak yang signifikan. Jadi hipotesis yang mengatakan bahwa variabel self esteem memiliki pengaruh terhadap perilaku prososial siswa dapat diterima dan terbukti benar. Adanya pengaruh self esteem terhadap perilaku prososial pada siswa SMP N 18 Banda Aceh diperoleh dari nilai R-square (R²) sebesar 0,55. Artinya variabel independen yang terdiri variabel self esteem memberikan kontribusi sumbangan sebesar 55% terhadap perilaku prososial pada siswa.




Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK