PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI SISTEM GERAK DI SMPN 15 BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI SISTEM GERAK DI SMPN 15 BANDA ACEH


Pengarang

Ruslaini - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1206103010015

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Biologi (S1) / PDDIKTI : 84205

Penerbit

Banda Aceh : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA., 2017

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.33

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK

Ruslaini. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Problem Posing Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Sistem Gerak Di SMPN 15 Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing:

(1) Dr. Hafnati Rahmatan, M. Si (2) Dr. Andi Ulfa Tenri Pada, S.Pd., M.Pd


Kata Kunci: Problem Posing, Kemampuan Berpikir Kritis, Sistem Gerak Manusia


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa melalui penerapan model pembelajaran problem posing pada materi sistem gerak manusia di kelas VIII SMPN 15 Banda Aceh. Penelitian yang dilakukan berupa penelitian kuantitatif dengan desain pre eksperimental design dengan jenis one group pretes postes designs. Sampel penelitian ini adalah siswa dengan kriteria ? KKM, dengan menggunakan teknik purposive sampling. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan hasil gain score untuk keseluruhan data pretes dan postes adalah 0,61 dan berkategori sedang. Hal ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil kemampuan berpikir kritis siswa. Berdasarkan analisis uji-t diperoleh nilai thitung = 6,87 dan nilai ttabel = 1,669, data tersebut dapat disimpulkan H0 ditolak dan H1 diterima dikarenakan thitung > ttabel yaitu 6,87 > 1,669. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran problem posing pada materi sistem gerak dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.




Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK