//

PENGARUH PEMBERIAN PAKAN TAMBAHAN DARI KEONG MAS (POMACEA CANALICULATA L.) TERHADAP PERTUMBUHAN DAN KANDUNGAN PROTEIN IKAN GURAMI (OSPHRONEMUS GOURAMY LAC.)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang MIRA ASFIYA - Personal Name
SubjectFRESHWATER FISHES - CULTURE
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

Ikan Gurami merupakan salah satu jenis Ikan air tawar yang sangat disukai oleh masyarakat khususnya masyarakat Aceh karena memiliki nilai jual yang cukup tinggi dan dapat meningkatkan nilai ekonomis sehingga banyak dipilih untuk dipelihara. Ikan Gurami memiliki pertumbuhan yang relatif lambat, salah satu alternatif yang dapat digunakan ialah membuat pakan buatan dengan memanfaatkan Keong Mas. Penelitian ini berjudul Pengaruh Pemberian Pakan Tambahan dari Keong Mas (Pomacea canaliculata L.) terhadap Pertumbuhan dan Kandungan Protein Ikan Gurami (Osphronemus gouramy Lac.). Tujuan penelitian ini untuk (1) mengetahui pengaruh pemberian pakan tambahan dari Keong Mas (Pomacea canaliculata L.) terhadap pertumbuhan Ikan Gurami (Osphronemus gouramy Lac.) (2) mengetahui pengaruh pemberian pakan tambahan dari Keong Mas (Pomacea canaliculata L.) terhadap kandungan protein Ikan Gurami (Osphronemus gouramy Lac.). Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan percobaan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 5 perlakuan dan 5 ulangan serta menggunakan metode Khjedal untuk mengukur kadar protein kasar. Data dianalisis dengan menggunakan Uji Anava dan Uji Tukey HSD pada taraf kepercayaan 95%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa P3 (D) dengan dosis pakan tambahan dari Keong Mas sebesar 43% yang dipelihara selama 30 hari dapat meningkatkan pertumbuhan Ikan Gurami dengan nilai Fhit sebesar 77,088 > nilai sig sebesar 0,000 dan kandungan protein dari Ikan Gurami dengan nilai Fhit sebesar 3,082 > nilai sig sebesar 0,05. Simpulan dari penelitian ini adalah (1) pemberian pakan tambahan dari Keong Mas (Pomacea canaliculata L.) berpengaruh nyata dalam meningkatkan pertumbuhan Ikan Gurami (Osphronemus gouramy Lac.) (2) pemberian pakan tambahan dari Keong Mas (Pomacea canaliculata L.) berpengaruh nyata dalam meningkatkan kandungan protein Ikan Gurami (Osphronemus gouramy Lac.).

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH PEMBERIAN KEONG MAS (POMACEA CANALICULATA) SEBAGAI PAKAN ALTERNATIF TERHADAP PERTUMBUHAN IKAN KUWE (CARANX IGNOBILIS) (M. ZAIYANI, 2020)

PENGARUH PEMBERIAN KEONG MAS (POMACEA CANALICULATA) SEBAGAI PAKAN ALTERNATIF TERHADAP KELANGSUNGAN HIDUP, KONVERSI DAN EFISIENSI PAKAN IKAN KUWE (CARANX IGNOBILIS) (ALVIN TIMANG, 2021)

PENGARUH KOMBINASI PAKAN BIJI ALPUKAT (PERSEA AMERICANA M.) DAN BIJI LABU KUNING (CUCURBITA MOSCHATA D.) TERHADAP PERTUMBUHAN IKAN NILA (OREOCHROMIS NILOTICUS L.), IKAN MAS (CYPRINUS CARPIO L.) DAN IKAN GURAMI (OSPHRONEMUS GOURAMY LAC.) (NURUL WASILAH, 2021)

PENAMBAHAN MIKROORGANISME LOKAL (MOL) PADA PAKAN KOMERSIAL TERHADAP PERTUMBUHAN IKAN GURAMI (OSPHRONEMUS GOURAMY) (MAILA PUTRI HANDIKA, 2019)

PENGARUH PERBEDAAN PADAT PENEBARAN TERHADAP PERTUMBUHAN BENIH IKAN GURAMI (OSPHRONEMUS GOURAMY) (Suci Utari, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy