//

KAJIAN JENIS TUMBUHAN SEBAGAI OBAT TRADISIONAL PADA ANAK BALITA DI KECAMATAN LHOONG KABUPATEN ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Rita Zaharah - Personal Name
Fakultas Fakultas KIP
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

Kata Kunci : Etnobotani medis, Anak Balita, Masyarakat Kecamatan Lhoong. Jaraknya desa dari puskesmas, fasilitas kesehatan yang minim, dan rendahnya tingkat ekonomi masyarakat di Kecamatan Lhoong Kabupaten Aceh Besar, hal ini menjadikan tumbuhan obat sebagai alternatif utama dalam pengobatan pada anak balita. Selanjutnya jenis tumbuhan sebagai obat tradisional pada anak balita di Kecamatan Lhoong Kabupaten Aceh Besar belum diketahui, sehingga perlu dilakukan penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis tumbuhan obat, bagian yang digunakan, proses pengolahan tumbuhan obat, dan komposisi kimianya. Pengumpulan data dilakukan pada bulan Februari 2015 di Kecamatan Lhoong Kabupaten Aceh Besar. Populasi penelitian adalah seluruh masyarakat di Kecamatan Lhoong, sedangkan sampel penelitian berjumlah 128 orang yang terdiri dari tujuh orang tabib dan ibu rumah tangga/masyarakat yang berusia ≥ 35 tahun yang berasal dari tujuh desa di Kecamatan Lhoong. Metode Penelitian adalah RRA (Rapid Rural Appraisal). Pengumpuan data dilakukan dengan wawancara dan observasi, sedangkan komposisi kimia melalui studi literatur. Data dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 57 jenis tumbuhan obat yang termasuk ke dalam 37 familia. Familia yang dominan adalah Arecaceae, Asteraceae, Caesalpiniaceae, Piperaceae, dan Rubiaceae. Bagian tumbuhan yang paling dominan digunakan yaitu daun. Proses pengolahan tumbuhan sebagai obat yang paling dominan yaitu dengan cara meremas. Kandungan senyawa kimia yang dimiliki oleh tumbuhan obat bervariasi.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PEMANFAATAN JENIS-JENIS TUMBUHAN SEBAGAI OBAT TRADISIONAL DI DESA KUTA IBOH KECAMATAN LABUHAN HAJI BARAT KABUPATEN ACEH SELATAN (Ratna Dewi, 2015)

IDENTIFIKASI JENIS-JENIS TUMBUHAN OBAT TRADISIONAL YANG DIGUNAKAN PASCA PERSALINAN DI KECAMATAN BLANGKEJEREN KABUPATEN GAYO LUES. (KASMAINI, 2021)

PEMANFAATAN TUMBUHAN SEBAGAI OBAT TRADISIONAL PADA MASYARAKAT KECAMATAN PAYA BAKONG KABUPATEN ACEH UTARA (Yusnidar, 2019)

JENIS-JENIS TUMBUHAN OBAT YANG DIGUNAKAN PASCA PERSALINAN DAN KEGUNAANNYA DI KECAMATAN SUKA MAKMUR KABUPATEN ACEH BESAR (Feriyani, 2013)

JENIS TUMBUHAN YANG DIGUNAKAN UNTUK PERAWATAN KESEHATAN MASA KEHAMILAN DAN PASCA PERSALINAN OLEH MASYARAKAT KECAMATAN LHOONG KABUPATEN ACEH BESAR (RISKA MAULIDAR, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy