//

IDENTIFIKASI EKTOPARASIT PADA IKAN PATIN (PANGASIUS SPP.) DI TAMBAK BUDIDAYA IKAN DESA LAMPEUNEURUT KABUPATEN ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Dessi Wildani - Personal Name
SubjectPARACITIES
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KEDOKTERAN HEWAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

IDENTIFIKASI EKTOPARASIT PADA IKAN PATIN (Pangasius spp.) DI TAMBAK BUDIDAYA IKAN DESA LAMPEUNEURUT KABUPATEN ACEH BESAR ABSTRAK Penelitian ini dilakukan untuk mengidentifikasi ektoparasit dan mengetahui tingkat prevalensi ektoparasit pada ikan patin (Pangasius spp.). Sebanyak 20 ekor ikan patin yang diambil dari lokasi tambak budidaya ikan di Desa Lampeuneurut Kabupaten Aceh Besar. Prosedur pemeriksaan dilakukan mengikuti Fernando dkk, dan Kabata. Hasil penelitian ditemukan lima jenis parasit yang menginfestasi ikan patin yaitu Gyrodactylus sp., Dactylogyrus sp., Chilodonella sp. Trichodina sp., dan Ichtyopthirius multifilis. Tingkat prevalensi parasit tertinggi secara berurutan adalah pada bagian insang 85% (Gyrodactylus sp. 65% dan Dactylogyrus sp. 20%), bagian sirip 30% (Gyrodactylus sp. 25% dan Chilodonella sp. 5%), bagian lendir 10% ( Trichodina sp. 5% dan Ichtyopthirius multifilis 5%), sedangkan pada bagian operkulum tidak ditemukan parasit. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa ikan patin telah terinfestasi oleh ektoparasit dengan tingkat prevalensi yang berbeda-beda.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

IDENTIFIKASI DAN PREVALENSI EKTOPARASIT PADA IKAN PATIN (PANGASIUS SP.) YANG DI BUDIDAYA SECARA MONOKULTUR DAN POLIKULTUR DI KABUPATEN ACEH BESAR (Ismail, 2015)

IDENTIFIKASI DAN PREVALENSI EKTOPARASIT PADA IKAN BAWAL AIR TAWAR (COLOSSOMA SP.) DAN IKAN PATINRN(PANGASIUS SP.) PADA KOLAM TANAH DI DESA NYA KECAMATAN SIMPANG TIGA ACEH BESAR (Salmijah, 2014)

GAMBARAN HISTOPATOLOGI INSANG IKAN PATIN (PANGASIUS PANGASIUS) YANG TERPAPAR EKTOPRASIT DACTYLOGYRUS SP. (EVI SRINITA HARAHAP, 2020)

DETEKSI CEMARAN ESCHERICHIA COLI PADA IKAN PATIN ASAP (PANGASIUS SUTCHI) DI DESA KOTO MASJID KABUPATEN KAMPAR RIAU (RISKA KUSUMA NINGRUM, 2020)

IDENTIFIKASI EKTOPARASIT PADA IKAN PARI (DASYATIS SP.) DI PASAR IKAN PEUNAYONG KOTA BANDA ACEH (Arini Ulfa Khaira, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy