//

KEMAMPUAN SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH ALJABAR DI KELAS XI MAN MODEL BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2016/2017

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Mauliani - Personal Name
SubjectTEACHING METHODS
PROBLEM SOLVING - EDUCATIONAL PSYCHOLOGY
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Mauliani. 2017. Kemampuan Siswa dalam Pemecahan Masalah Aljabar di Kelas XI MAN Model Banda Aceh Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Drs. Budiman, M.Si., (2) Drs. M. Hasbi, M.Pd. Kata Kunci : kemampuan, masalah, pemecahan masalah, aljabar Kemampuan pemecahan masalah merupakan salah satu komponen penting dalam pembelajaran matematika yang harus dikuasai dan dikembangkan. Salah satu pembelajaran yang melatih kemampuan pemecahan masalah siswa adalah pembelajaran pada materi aljabar. Aljabar merupakan materi yang implementasinya sangat banyak dalam kehidupan sehari-hari, sehingga diharapkan siswa memiliki kemampuan pemecahan masalah aljabar yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah aljabar siswa di kelas XI MAN Model Banda Aceh Tahun Pelajaran 2016/2017. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 1 MAN Model Banda Aceh yang terdiri dari 36 siswa. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara melakukan tes dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan memeriksa jawaban siswa dan dibandingkan dengan hasil wawancara, jawaban siswa dianalisis berdasarkan indikator kemampuan pemecahan masalah yang disesuaikan dengan prosedur Polya. Hasil analisis data menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan pemecahan masalah aljabar siswa kelas XI IPA 1 MAN Model Banda Aceh berdasarkan kategori kemampuan, yaitu: kategori kemampuan tinggi diperoleh 27,78%, kategori kemampuan sedang diperoleh 55,56%, kategori kemampuan rendah diperoleh 16,67%. Rata-rata kemampuan siswa berdasarkan tahapan pemecahan masalah yaitu: memahami masalah diperoleh 61% terkategori cukup, merencanakan penyelesaian diperoleh 95% terkategori baik, melaksanakan penyelesaian diperoleh 91% terkategori baik, dan memeriksa kembali diperoleh 34% terkategori kurang. Persentase rata-rata kemampuan pemecahan masalah aljabar siswa kelas XI IPA 1 secara keseluruhan yaitu 70%. Dengan demikian, rata-rata kemampuan pemecahan masalah aljabar siswa kelas XI IPA 1 MAN Model Banda Aceh secara keseluruhan tergolong dalam kategori sedang.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN MOTIVASI SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) (HILDA RESTINA, 2018)

ANALISIS KEMAMPUAN PROBLEM SOLVING SISWA KELAS XI SMA NEGERI MODAL BANGSA TAHUN AJARAN 2013/2014 DALAM MENYELESAIKAN MASALAH ALJABAR (Herizal , 2014)

ANALISIS KEMAMPUAN PROBLEM SOLVING DALAM MENYELESAIKAN MATERI ARITMATIKA SOSIAL SISWA KELAS VII SMP NEGERI 7 BANDA ACEH TAHUN AJARAN 2015/2016 (fajriah, 2016)

PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN SELF-CONCEPT SISWA SMK MELALUI MODEL PROBLEM-BASED INSTRUCTION (PBI) (Rahmad Fitra, 2018)

KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA BERDASARKAN LANGKAH-LANGKAH IDEAL PROBLEM SOLVING DITINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT (AQ) (RIDHA YUNIARA, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy