//
PEMBELAJARAN BANGUN RUANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INVESTIGASI KELOMPOK DI MTSN 2 BANDA ACEH |
|
![]() |
BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak |
Pengarang | Nurul Afla - Personal Name |
---|---|
Subject | TEACHING METHODS |
Bahasa | Indonesia |
Fakultas | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA |
Tahun Terbit | 2017 |
Abstrak/Catatan Berdasarkan pengamatan yang dilakukan di MTsN 2 Banda Aceh, guru lebih sering mengajar dengan cara ceramah daripada menggunakan model-model kooperatif. Selain itu, nilai matematika siswa kelas VIII di MTsN 2 Banda Aceh tergolong rendah, sedikit sekali siswa yang mendapat nilai di atas KKM. Berdasarkan masalah di atas peneliti tertarik melakukan penelitian dengan judul pembelajaran bangun ruang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok di MTsN 2 banda aceh. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah melalui penerapan model investigasi kelompok pada materi bangun ruang di kelas VIII MTsN 2 Banda Aceh hasil belajar siswa mencapai ketuntasan? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar siswa setelah menerapkan model investigasi kelompok. Hipotesis dari penelitian ini adalah melalui penerapan model investigasi kelompok pada materi bangun ruang di kelas VIII MTsN 2 Banda Aceh hasil belajar siswa telah mencapai ketuntasan. Penelitian yang dilakukan berupa penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen yaitu pre experimental design dengan jenis one-shot case study. Materi yang diajarkan adalah bangun ruang kubus dan balok. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII di MTsN 2 Banda Aceh sebanyak 7 kelas, sedangkan sampel ditentukan secara acak dan terpilih kelas VIII-1. Teknik pengumpulan data berupa tes yang berbentuk essay sebanyak 3 soal. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan uji-t pihak kanan dengan taraf signifikan 0,05. Dari hasil tersebut terlihat t hitung = 2,1250 dan t tabel = 1,70 dengan taraf signifikan α = 0,05 sehingga t hitung > t tabel maka H1 diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model investigasi kelompok pada materi bangun ruang di kelas VIII MTsN 2 Banda Aceh hasil belajar siswa telah mencapai ketuntasan. | |
Tempat Terbit | Banda Aceh |
Literature Searching Service |
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS) |
Share Social Media | |
Tulisan yang Relevan PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGASI (GI) DENGAN KONVENSIONAL PADA MATERI BANGUN RUANGRNDI KELAS V SD NEGERI 62 BANDA ACEH (Yelva Putri, 2014) |
|
Kembali ke sebelumnya | |