//

KOMBINASI FILTRASI KARBON AKTIF DAN TEKNOLOGI MEMBRAN UNTUK PENYISISHAN KEKERUHAN, TOTAL DISSOLVED SOLID DAN LOGAM FE DARI AIR SUMUR TERCEMAR TSUNAMI

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Arif Fadillah - Personal Name
SubjectMEMBRANE PROCESSES - CHEMISCAL ENGINEERING
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Air merupakan senyawa kimia yang memiliki peranan penting bagi kehidupan makhluk hidup. Sumber air yang dapat dipergunakan untuk memenuhi kebutuhan bagi pemukiman penduduk dapat bersasal dari beberapa sumber antara lain adalah air permukaan, air sungai, air danau, dan mata air. Filtrasi adalah suatu proses pemisahan zat padat dari fluida dengan menggunakan medium berpori. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kekeruhan dan kadar Fe pada air sumur sebelum dan sesudah filtrasi dengan menggunakan kombinasi filtrasi karbon aktif dan teknologi membran guna mendapatkan cara terbaik untuk pengolahan air tercemar menjadi air bersih. Penelitian ini menggunakan bahan baku air sumur dengan jenis filter karbon aktif, kerikil, ijuk, dan membran. Volume bahan baku yang digunakan adalah 10 liter dengan ketingggian filter 120 cm. Air baku yang digunakan berasal dari Desa Tibang, Desa Cadek, dan Desa Rukoh yang terletak di Kota Banda Aceh. Waktu kontak yang digunakan pada penelitian ini adalah 5 menit, 10 menit, dan 15 menit dengan jenis membran DTS dan PES+DMSO. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknologi menggunakan membran mendapatkan hasil lebih efisien. Turbidity yang dihasilkan pada air sumur Desa Tibang dengan menggunakan metode teknologi membran mengalami penurunan yang sangat berbeda dengan metode filtrasi karbon aktif, metode filtrasi karbon aktif mengalami penurunan dari 5,45 NTU menjadi 3,37 NTU, sedangkan dengan metode teknologi membran 5,45 menjadi 0,9 NTU. Kata kunci : Karbon aktif, DTS, PES DMSO, Teknologi membran.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

MODIFIKASI TEKNIK ULTRAFILTRASI UNTUK REDUKSI COLIFORM, LOGAM FE DAN MN PADA AIR SUMUR MASYARAKAT BANDA ACEH PASCA 14 TAHUN TSUNAMI (NANDA ERWINDA, 2019)

MODIFIKASI TEKNIK ULTRAFILTRASI UNTUK REDUKSI COLIFORM, LOGAM FE DAN MN PADA AIR SUMUR MASYARAKAT BANDA ACEH PASCA 14 TAHUN TSUNAMI (FERDIUS RUDIA, 2019)

PENGARUH KONSENTRASI KARBON AKTIF TERHADAP KINERJA MEMBRAN ADSORPSI POLIURETAN DARI LUMUT DAN METILEN DIFENIL DIISOSIANAT (Fandini Putri Maulina, 2020)

KARAKTERISASI MEMBRAN POLYETHERSULFONE (PES) UNTUK PENGOLAHAN AIR SUNGAI SECARA ULTRAFILTRASI: MENURUNKAN TOTAL DISSOLVED SOLID DAN TOTAL SUSPENDED SOLID (MAIZATUL MUNA, 2018)

KARAKTERISASI MEMBRAN POLYETHERSULFONE (PES) UNTUK PENGOLAHAN AIR SUNGAI SECARA ULTRAFILTRASI: MENURUNKAN TOTAL DISSOLVED SOLID DAN TOTAL SUSPENDED SOLID (MUHAMMAD AKA WAHYUDI, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy