PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN PQ4R (PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GERAK KELAS VII SMP NEGERI 1 BAITUSSALAM | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN PQ4R (PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GERAK KELAS VII SMP NEGERI 1 BAITUSSALAM


Pengarang

Agus Dhita Pratiwi - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1106103030068

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Fisika (S1) / PDDIKTI : 84203

Penerbit

Banda Aceh : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA., 2016

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.3

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK

Pratiwi, Agus Dhita. 2011. Pengaruh Penggunaan Strategi Pembelajaran PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Gerak Kelas VII SMP Negeri 1 Baitussalam.Skripsi, Jurusan Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing :
Prof. Dr. Yusrizal, M.Pd, (2) Dra. Elisa Kasli, M.Pd

Kata Kunci : Hasil Belajar, Strategi Pembelajaran PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review)

Fisika merupakan salah satu mata pelajaran yang dapat dikategorikan sebagai mata pelajaran sulit dan banyak rumus serta memiliki hasil belajar rendah hal ini dikarenakan kurangnya perhatian siswa dalam proses belajar mengajar dan tidak efektifnya strategi pembelajaran yang digunakan. Strategi pembelajaran PQ4R pada hakikatnya merupakan penimbulan pertanyaan dan tanya- jawab yang dapat mendorong pembaca teks melakukan pengolahan materi secara lebih mendalam dan luas. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan strategi pembelajaran PQ4R (preview, question, read, reflect, recite, review) terhadap hasil belajar fisika siswa pada materi gerak kelas VII SMP Negeri I Baitussalam
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitaf. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Baitussalam berjumlah 3 kelas. Ditetapkan sampel pada populasi tersebut yaitu kelas VIIb (eksperimen) berjumlah 24 orang dan kelas VIIc (kontrol) berjumlah 24 orang. Pemilihan sampel dilakukan secara purposive sampling. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen.
Dalam penelitian ini pengumpulan data menggunakan data pre-test dan post-test. Pengolahan data menggunakan teknik statistik uji-t. Setelah dikumpulkan dan setelah dilakukan pengelohan data serta pengujian, ternyata terdapat pengaruh penggunaan strategi PQ4R (preview, question, read, reflect, recite, review) terhadap hasil belajar siswa pada materi gerak kelas VII SMP Negeri 1 Baitussalam . Hal ini dapat dilihat pada nilai uji-t diperoleh t_hitung?t_tabel yaitu 2,77>1,68. Oleh karena itu, t_hitung berada dalam penerimaan hipotesis alternatif (H_a), akibatnya hipotesis nihil (H_0) ditolak. Artinya terdapat pengaruh penggunaan strategi pembelajaran PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) terhadap hasil belajar siswa pada materi gerak kelas VII SMP Negeri 1 Baitussalam. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa strategi ini dapat memberi pengaruh yang positif terhadap hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil dan pembahasan disarankan kepada pihak lain untuk melakukan penelitian yang sama pada materi lain sebagai bahan perbandingan dengan hasil penelitian ini.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK