//

PEMANFAATAN KERANG AIR TAWAR (ANODONTA WOODIANA) SEBAGAI BIOFILTER TERHADAP PERTUMBUHAN BENIH IKAN NILA (OREOCHROMIS NILOTICUS)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Reviendra Safaringga - Personal Name
SubjectFISH
SALINITY - SEA WATER
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KELAUTAN DAN PERIKANAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

PEMANFAATAN KERANG AIR TAWAR (ANODONTA WOODIANA) SEBAGAI BIOFILTER TERHADAP PERTUMBUHAN BENIH IKAN NILA (OREOCHROMIS NILOTICUS) PEMANFAATAN KERANG AIR TAWAR (ANODONTA WOODIANA) SEBAGAI BIOFILTER TERHADAP PERTUMBUHAN BENIH IKAN NILA (OREOCHROMIS NILOTICUS) ABSTRAK Kuantitas dan kualitas suplai air yang baik merupakan faktor utama yang sangat menentukan keberhasilan budidaya ikan nila. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk menjaga kualitas air adalah dengan mengaplikasikan sistem resirkulasi dan penggunaan media filter kerang air tawar. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur pertumbuhan dan kelangsungan hidup benih ikan nila (Oreochromis niloticus) yang dipelihara dalam sistem resirkulasi dengan media filter menggunakan kerang air tawar (Anodonta woodiana). Metode yang digunakan adalah rancangan acak lengkap (RAL) dengan 4 taraf perlakuan dan 3 ulangan. Penelitian ini dilakukan selama 42 hari pada bulan Desember-Februari 2017 di Gampong Lueng Bata, Kecamatan Lueng Bata, Banda Aceh. Perlakuan yang digunakan berupa penambahan kerang sebagai filter dengan kepadatan 5, 10 dan 15 ekor kerang air tawar per liter. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan kerang air tawar sebagai biofilter pada budidaya benih ikan nila berpengaruh nyata terhadap pertumbuhan panjang mutlak, berat mutlak dan laju pertumbuhan spesifik dengan hasil tertinggi diperoleh pada perlakuan D (15 ekor kerang air tawar). Namun, tidak berpengaruh nyata terhadap kelangsungan hidup benih ikan nila. Kata kunci: Biofilter, ikan nila (Oreochromis niloticus), kerang air tawar (Anodonta woodiana)

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KEPADATAN POPULASI DAN POLA PENYEBARAN KERANG AIR TAWAR (ANODONTA WOODIANA) DI ZONA LITORAL DANAU LAUT TAWAR KAWASAN KECAMATAN LUT TAWAR KABUPATEN ACEH TENGAH (Rianita, 2017)

IDENTIFIKASI DAN PREVALENSI EKTOPARASIT PADA IKAN NILA (OREOCHROMIS NILOTICUS) YANG DIPELIHARA DI KOLAM DAN TAMBAK KABUPATEN ACEH BESAR (NURBAITI, 2016)

PENGARUH PEMBERIAN KOMBINASI PAKAN AMPAS TAHU DAN AMPAS KELAPA TERFERMENTASI TERHADAP PERTUMBUHAN DAN DERAJAT KESEHATAN IKAN NILA (OREOCHROMIS NILOTICUS LINN.) (Rizka Mulia, 2017)

PERTUMBUHAN DAN KELANGSUNGAN HIDUP BENIH IKAN NILA GESIT (OREOCHROMIS NILOTICUS) DENGAN SISTEM AKUAPONIK (Muhammad Mulqan, 2016)

HUBUNGAN KONSENTRASI HORMON 17α-METILTESTOSTERON TERHADAP PERSENTASE JANTANISASI BENIH IKAN NILA (OREOCHROMIS NILOTICUS) DENGAN METODE PERENDAMAN PADA TINGKAT UMUR TIGA HARI (Ayuni Rezeki, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy