//

BAHASA REGISTER KELOMPOK PETANI KOPI DI DATARAN TINGGI GAYO

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Yulia Rahmah - Personal Name
SubjectCOFFEE- AGRICULTURE
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata kunci: bahasa register, petani kopi, gayo. Kajian ini difokuskan pada pembahasan mengenai Bahasa Register Kelompok Petani Kopi di Dataran Tinggi Gayo. Pembahasan yang dikaji terdiri atas dua masalah yaitu: (1) Apa sajakah bahasa register yang digunakan kelompok petani kopi di Dataran Tinggi Gayo? (2) Bagaimanakah fungsi bahasa register kelompok petani kopi di Dataran Tinggi Gayo? Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah (1) Mengidentifikasi bahasa register yang digunakan kelompok petani kopi di Dataran Tinggi Gayo. (2) Mendeskrifsikan fungsi bahasa register kelompok petani kopi di Dataran Tinggi Gayo. Rancangan penelitian ini adalah rancangan penelitian kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik libat cakap semuka. Analisis data yang dilakukan terdiri atas tiga proses yaitu seleksi data, pengolahan data, dan kesimpulan. Hasil penelitian ini mendeskripsikan register yang digunakan oleh masyarakat petani kopi di Dataran Tinggi Gayo. Fungsi bahasa register terdiri dari fungsi instrumental, fungsi kepribadian, fungsi interaksi, fungsi informasi, fungsi pemecahan masalah, dan fungsi imajinasi. Register ini digunakan untuk berkomunikasi dan sebagai bentuk penggambaran kegiatan yang dilakukan oleh kelompok masyarakat petani yang ada di Dataran Tinggi Gayo. Register ini merupakan bentuk keragaman variasi bahasa yang digunakan sesuai dengan fungsinya.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PUSAT KOPI GAYO (Renggha Prima, 2015)

ANALISIS PENDAPATAN USAHA BUBUK KOPI ARABIKA (COFFEA ARABICA. L) DI CV. ORO COFFEE GAYO DESA MONGAL KECAMATAN BEBESEN KABUPATEN ACEH TENGAH (SRI RISKINA, 2020)

SISTEM PEMASARAN GREEN BEAN KOPI ARABIKA (COFFEAARABICA. L) DI CV. ORO COFFEE GAYO DESA MONGAL KECAMATAN BEBESEN KABUPATEN ACEH TENGAH (GUSFIKA MAUZIAH, 2020)

KAJIAN MUTU WINE COFFEE ARABIKA GAYO (Achmad Dairobbi, 2017)

SURVEY SEBARAN VARIETAS DAN KUALITAS KOPI ARABIKA GAYO BERDASARKAN KETINGGIAN DAERAH TANAM DI KABUPATEN ACEH TENGAH (Muhammad Mardha B Manalu, 2021)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy