PENGARUH MEDIA KARTU LAYANAN KONSELING KELOMPOK TERHADAP PENGENTASAN MASALAH SISWA DI SMA NEGERI 4 BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PENGARUH MEDIA KARTU LAYANAN KONSELING KELOMPOK TERHADAP PENGENTASAN MASALAH SISWA DI SMA NEGERI 4 BANDA ACEH


Pengarang

KHAIRUL BARIAH - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1306104030037

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Bimbingan dan Konseling (S1) / PDDIKTI : 86201

Penerbit

Banda Aceh : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA., 2017

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.102 3

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
Bariah, Khairul. Pengaruh Media Kartu Layanan Konseling Kelompok Terhadap Pengentasan Masalah Siswa (Suatu Penelitian Pra-eksperimen di SMA Negeri 4 Banda Aceh). Skripsi. Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala.
(1) Drs. Martunis, M.Si., (2) Drs. M. Husen, M.Pd
Kata Kunci : Media Kartu, Konseling Kelompok
Penelitian yang berjudul pengaruh media kartu layanan konseling kelompok terhadap pengentasan masalah siswa, akan membantu siswa dalam mengatasi masalah. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui pengaruh media kartu dalam layanan konseling kelompok untuk mengatasi masalah siswa. Metode penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian ini berjumlah 10 siswa yang dipilih secara sampling kuota. Teknik pengumpulan data adalah angket. Teknik pengolahan data menggunakan Mann-Whitney U test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa U ? U tabel (21,5 ? 23) dengan nilai ? 0,05. Artinya terdapat perbedaan yang positif dan signifikan sebelum dan setelah diberikannya layanan konseling kelompok dengan media kartu dalam mengentaskan masalah siswa. Adanya media kartu juga meningkatkan aktifitas, minat dan motivasi siswa dalam layanan konseling kelompok. Dengan demikian hipotesis yang menyatakan bahwa layanan konseling kelompok dengan media kartu tersebut efektif dalam mengatasi masalah siswa dapat diterima.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK