//

HUBUNGAN INTENSITAS BERMAIN GAME ONLINE BERUNSUR KEKERASAN DENGAN PERILAKU AGRESIF ANAK (STUDI PADA SDN 54, SDN 61 DAN SD IT AL- AZHAR)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Putri Amalia - Personal Name
SubjectADOLESCENT PSYCHOLOGY
LEARNING-MOTIVATION-PSYCHOLOGY
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

Penelitian ini berjudul “Hubungan Intensitas Bermain Game Online Berunsur Kekerasan Dengan Perilaku Agresif Anak (Studi Pada SDN 54, SDN 61 dan SD IT Al- Azhar)”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui jawaban tentang hubungan intensitas bermain game online berunsur kekerasan terhadap perilaku agresif anak di Banda Aceh dilihat dari ketiga sekolah dasar tersebut. Game online menempati peringkat ketujuh pada kategori aplikasi internet yang paling banyak digunakan di Indonesia berdasarkan riset Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) pada tahun 2013. Perilaku agresif terbentuk salah satunya akibat bermain game online berunsur kekerasan, kejadian ini pernah terjadi di Indonesia, pelaku mengaku terinspirasi salah satu game online First Person Shooter (FPS) Point Blank. Teori yang digunakan adalah Social Learning Theory. Dalam teori tersebut dikatakan bahwa ada beberapa tahapan terbentuknya perilaku melalui proses belajar sosial yaitu attention, retention, reproduction dan motivation. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenif eksplanatif. Alat pengumpulan data pada penelitian ini berupa kuesioner dan wawancara. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode multistage non probability sampling dan purposive sampling. Hasil analisis data menggunakan statistic parametric dengan teknik analisis data pearson, menunjukkan koefisien korelasi (r) sebesar 0,344 dengan nilai (p) = 0,001 ( p < 0,05 ). Berdasarkan hasil tersebut maka hipotesis yang diajukan diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara intensitas bermain game online berunsur kekerasan dengan perilaku agresif anak SDN 54, SDN 61 dan SD IT Al- Azhar di Banda Aceh. Hal ini dapat diartikan bahwa semakin tinggi intensitas bermain game online berunsur kekerasan maka semakin tinggi perilaku agresif, demikian juga sebaliknya. Kata Kunci: Intensitas, Game online Kekerasan, Perilaku Agresif, Anak.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH GAME ONLINE FIRST PERSON SHOOTER (FPS) TERHADAP SIKAP AGRESI ANAK (STUDI KASUS PERMAINAN GAME ONLINE TERHADAP SIKAP AGRESIFITAS ANAK USIA 8-15 TAHUN DI DESA LAMTEUMEN TIMUR) (Sheidati Zakiah Uli Iman, 2020)

KORELASI ANTARA MENONTON TELEVISI BERUNSUR KEKERASAN DENGAN HASRAT AGRESI PADA SISWA KELAS VI SD KOTA BANDA ACEH (DITRIYA ADERISA PUTRI, 2019)

HUBUNGAN PERILAKU MENONTON TAYANGAN KEKERASANRNDI TELEVISI DENGAN PERILAKU AGRESIF DI SEKOLAHRNDASAR KECAMATAN SYIAH KUALARNBANDA ACEH (HUSNA, 2015)

KORELASI INTENSITAS BERMAIN GAME ONLINE MOBILE LEGEND DENGAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA MAN 3 BANDA ACEH (ERIZKA, 2018)

HUBUNGAN PERILAKU AGRESI DAN KECANDUAN GAME ONLINE PADA MAHASISWA (Nurul Badariah, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy