PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROPES (REVIEW, OVERVIEW, PRESENTATION, EXERCISE, SUMMARY) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA PADA MATERI ALAT-ALAT OPTIK DI KELAS X IA-1 SMA NEGERI 4 BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROPES (REVIEW, OVERVIEW, PRESENTATION, EXERCISE, SUMMARY) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA PADA MATERI ALAT-ALAT OPTIK DI KELAS X IA-1 SMA NEGERI 4 BANDA ACEH


Pengarang

Rizka Nurul Dina - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1206103030028

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Fisika (S1) / PDDIKTI : 84203

Penerbit

Banda Aceh : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA., 2016

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.48

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
Dina, Rizka Nurul. 2016. Penerapan Model Pembelajaran ROPES (Review,
Overview, Presentation, Exercise, Summary) untuk Meningkatkan Hasil
Belajar Fisika pada Materi Alat-Alat Optik di Kelas X IA-1 SMA Negeri 4
Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing:
(1) Drs. Agus Wahyuni, M.Pd., (2) Dr. Saminan, M.Pd.
Kata kunci: model pembelajaran ROPES, hasil belajar, alat -alat optik
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas belajar dan hasil belajar.
Hasil belajar fisika masih kurang dari Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yang
ditentukan sekolah. Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yang ditentukan sekolah
yaitu 75. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa,
keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran, respon dan hasil belajar siswa
dengan diterapkannya model pembelajaran ROPES. Jenis penelitian ini adalah
penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X IA-1
SMA Negeri 4 Banda Aceh dengan jumlah keseluruhan siswa 30 sedangkan objek
penelitian adalah hasil belajar fisika. Instrumen penelitian yang digunakan untuk
menilai aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran serta keterampilan guru dalam
mengelola pembelajaran yaitu lembar observasi. Tes objektif digunakan untuk
menentukan hasil belajar siswa sedangkan respon siswa diketahui dari lembar respon
siswa. Aktivitas guru dan siswa selama pembelajaran menggunakan model ROPE S
meningkat. Aktivitas guru pada siklus I dikategorikan baik, pada siklus II dan III
dikategorikan sangat baik. Aktivitas siswa pada siklus I dan II dikategorikan baik
sedangkan pada siklus III dikategorikan sangat baik. Sebagian besar keterampilan
guru dalam mengelola pembelajaran dikategorikan baik. Sebanyak 67% dari jumlah
siswa tertarik untuk belajar dengan langkah-langkah model pembelajaran ROPES
sedangkan 33% lainnya tidak tertarik. Hasil belajar siswa secara individual
meningkat 3% pada siklus I sampai siklus II sementara pada siklus II sampai siklus
III meningkat 20%. Hasil belajar siswa secara klasikal meningkat 5% pada siklus I
sampai siklus II sementara pada siklus II sampai siklus III meningkat 8%. Agar hasil
pembelajaran yang menerapkan model pembelajaran ROPES sesuai dengan harapan,
guru harus memegang prinsip-prinsip yang terdapat pada model tersebut.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK