KETERAMPILAN MAHASISWA FKIP EKONOMI UNSYIAH DALAM MELAKSANAKAN KEGIATAN PEMBELAJARAN PADA SEKOLAH LATIHAN (PPL) | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

KETERAMPILAN MAHASISWA FKIP EKONOMI UNSYIAH DALAM MELAKSANAKAN KEGIATAN PEMBELAJARAN PADA SEKOLAH LATIHAN (PPL)


Pengarang

Nurhijjah - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1106101030073

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Ekonomi (S1) / PDDIKTI : 87203

Penerbit

Banda Aceh : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA., 2017

Bahasa

Indonesia

No Classification

370.71

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK

Nurhijjah.2017. Keterampilan mahasiswa FKIP Ekonomi Unsyiah Dalam Melaksanakan Kegiatan Pembelajaran Pada Sekolah Latihan(PPL). Skripsi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan Ilmu Pendididkan, Universitas Syiah Kuala.
Pembimbing: (1) Dra. Ruaida, M.Si., (2) Nana Suraiya, S.pd, M.pd.

Kata kunci: Keterampilan Mahasiswa PPL, Kegiatan Pembelajaran
Penelitian ini mengangkat masalah bagaimana keterampilan mahasiswa Fkip Ekonomi Unsyiah dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran pada sekolah latihan(PPL). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana keterampilan mahasiswa Fkip Ekonomi dalam melaksankan kegiatan pembelajaran pada sekolah latihan(PPL) mahasiswa Fkip Ekonomi dari masing-masing keterampilan yaitu keterampilan membuka pelajaran,keterampilan memberi penguatan, keterampilan bertanya, keterampilan mengadakan variasi, keterampilan menjelaskan,keterampilan mengelola kelas, keterampilan mengajar kelompok kecil peroranggan dan keterampilan menutup pelajaran. Yang menjadi responden dari penelitian ini adalah mahasiswa Fkip Ekonomi yang telah mengambil mata kuliah PPL pada tahun ajaran 2015/2016 semester ganjil yang berjumlah 20 orang. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran angket/kuisioner. Data penelitian diolah dengan menggunakan rumus presentase (%) dan rata-rata x ?. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan mahasiswa Fkip Ekonomi Unsyiah dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran pada sekolah latihan(PPL) pada keterampilan membuka pelajaran dikategorikan cukup baik dengan rata-rata sebesar 3,1, selanjutnya, keterampilan dalam memberi penguatan dikategorikan baik dengan rata-rata sebesar 3,6, keterampilan bertanya dikategorikan baik dengan rata-rata sebesar 4,3, keterampilan mengadakan variasi dikategorikan baik dengan rata-rata sebesar 4,1, keterampilan menjelaskan dikategorikan baik dengan rata-rata sebesar 4,1, keterampilan mengelola kelas dikategorikan baik dengan rata-rata sebesar 4,5, keterampilan mengajar kelompok kecil peroranggan dikategorikan rata-rata sebesar 3,7 dan keterampilan menutup pelajaran dikategorikan baik dengan rata-rata sebesar 4,15. Disarankan kepada mahasiswa Fkip Ekonomi Unsyiah agar dapat menguasai lagi aspek keterampilan-keterampilan dasar dalam mengajar sehingga dapat menciptakan belajar mengajar yang baik. pada aspek keterampilan memberi penguatan,bertanya,menjelaskan, megelola kelas, mengadakan variasi,mengajar kelompok kecil dan perorangan, dan menutup pelajaran. Untuk itu diharapkan kepada mahasiswa Fkip Ekonomi Unsyiah agar mempertahankan dan dapat meningkatkan lebih baik lagi keprofesionalnya.

iv

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK