SIKAP BERBAHASA ACEH MAHASISWA PROGRAM STUDI BAHASA DAN SASTRA INDONESIA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

SIKAP BERBAHASA ACEH MAHASISWA PROGRAM STUDI BAHASA DAN SASTRA INDONESIA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA


Pengarang

Lena Safutri - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1206102010031

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) / PDDIKTI : 88201

Penerbit

Banda Aceh : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA., 2016

Bahasa

Indonesia

No Classification

400

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK

Safutri, Lena. Sikap Berbahasa Aceh Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Syiah Kuala. Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Syiah Kuala. Pembimbing:

(1) Drs. Yusri Yusuf, M.Pd., (2) Azwardi, S.Pd., M.Hum.
Kata kunci: sikap bahasa, bahasa Aceh, mahasiswa Prodi PBSI, FKIP Unsyiah
Sesuai dengan rumusan masalah, penelitian ini bertujuan mendeskripsikan sikap berbahasa Aceh mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Syiah Kuala (PBSI FKIP Unsyiah). Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini sebesar 320 orang mahasiswa Jurusan PBSI FKIP Unsyiah yang berbahasa ibu bahasa Aceh. Sampel diambil secara acak dengan penarikan sampel menggunakan teknik proportional stratified random sampling dari leting 2012 s.d. 2015. Sampel diambil 10% dari populasinya, sehingga sampel penelitian ini berjumlah 32 orang mahasiswa Jurusan PBSI FKIP Unsyiah. Data penelitian ini diperoleh dari jawaban kuesioner mahasiswa yang menjadi responden. Kuesioner disusun berdasarkan Skala Likert dengan lima tingkatan, yaitu sangat setuju (SS), setuju (S), kurang setuju (KR), tidak setuju (TS), dan sangat tidak setuju (STS). Data penelitian ini diolah secara statistik dengan menggunakan program SPSS 17. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap berbahasa Aceh mahasiswa Jurusan PBSI FKIP Unsyiah positif. Kesetiaan bahasa berada pada kategori cukup, kebanggaan bahasa berada pada kategori baik, dan kesadaran akan adanya norma bahasa berada pada kategori cukup. Mahasiswa Jurusan PBSI FKIP Unsyiah masih menggunakan bahasa Aceh dalam berkomunikasi sehari-hari meskipun masih belum sepenuhnya memperhatikan norma-norma bahasa Aceh.




Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK