KUALITAS EKSTERNAL DAN INTERNAL TELUR AYAM RAS STRAIN ISA BROWN YANG DIBERI SINBIOTIK AKBISPROB | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

KUALITAS EKSTERNAL DAN INTERNAL TELUR AYAM RAS STRAIN ISA BROWN YANG DIBERI SINBIOTIK AKBISPROB


Pengarang

MAULINA SAFITRI M - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1302101010185

Fakultas & Prodi

Fakultas Kedokteran Hewan / Pendidikan Kedokteran Hewan (S1) / PDDIKTI : 54261

Penerbit

Banda Aceh : FAKULTAS KEDOKTERAH HEWAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA., 2017

Bahasa

Indonesia

No Classification

1

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

KUALITAS EKSTERNAL DAN INTERNAL TELUR AYAM
RAS STRAIN ISA BROWN YANG DIBERI SINBIOTIK
AKBISprob



ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh kualitas eksternal dan internal telur ayam strain Isa Brown yang diberi sinbiotik AKBISprob. Penelitian ini menggunakan 12 ekor ayam berumur 16 bulan yang dibagi ke dalam empat perlakuan dan tiga ulangan. Perlakuan P0 sebagai kontrol diberi pakan komersial 324-2R sebanyak 110 g, P1 sinbiotik AKBISprob yang diberikan setiap hari, P2 sinbiotik AKBISprob yang diberikan tiga hari sekali, P3 sinbiotik AKBISprob yang diberikan lima hari sekali. Telur diamati setiap minggu setelah pemberian sinbiotik AKBISprob. Kualitas eksternal yang meliputi berat telur dan tebal kerabang. Perlakuan P0, P1, P2 dan P3 tidak menunjukkan pengaruh yang nyata (P>0,05), tetapi pada pemeriksaan kalsium menunjukkan pengaruh yang sangat nyata (P0,05) terhadap sinbiotik AKBISprob. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pemberian sinbiotik AKBISprob tidak berpengaruh terhadap berat telur, tebal kerabang, warna kuning telur, indeks kuning telur dan Haught Unit, tetapi berpengaruh secara nyata terhadap kandungan kalsium kerabang telur. Pemberian sinbiotik AKBISprob terbaik dengan interval waktu pemberian tiga hari sekali.








Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK