//

KAJIAN BEBERAPA ASPEK HIDROLOGI SUB DAS RIKIT GAIB BAGIAN HULU KABUPATEN GAYO LUES

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang MUHAMMAD YUSUF - Personal Name
SubjectHYDROLOGY
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Pertanian
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

RINGKASAN Perubahan kondisi hidrologi DAS sebagai dampak perluasan lahan kawasan budidaya yang tidak terkendali tanpa memperhatikan kaidah-kaidah konservasi tanah dan air seringkali mengarah pada kondisi yang kurang diinginkan, yaitu peningkatan erosi dan sedimentasi, penurunan produktivitas lahan dan percepatan degradasi lahan. Hasil akhir perubahan ini tidak hanya berdampak nyata pada peningkatan luas lahan kritis, Air sungai menjadi berkurang (kekeringan) atau menjadi terlalu banyak (banjir), namun juga secara sosial ekonomi menyebabkan masyarakat menjadi semakin kehilangan kemampuan untuk berusaha di lahannya. Faktor utama yang menghubungkan bagian hulu dan hilir dalam suatu DAS adalah siklus/daur hidrologi. Siklus hidrologi merupakan rangkaian peristiwa yang terjadi mulai dari air saat jatuh ke bumi hingga menguap ke udara hingga kemudian jatuh kembali ke bumi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui beberapa aspek hidrologi Sub Daerah Aliran Sungai (DAS) Rikit Gaib bagian hulu di Kabupaten Gayo Lues dengan mengetahui besarnya debit sungai, koefisien limpasan, koefisien regim sungai, dan kandungan sedimentasi. Penelitian ini dilaksanakan di Sub DAS Rikit Gaib Kabupaten Gayo Lues. Peralatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah komputer, meteran, kamera, Global Positioning System (GPS), printer, pelampung, stop watch, meteran, botol aqua dan alat-alat yang digunakan di laboratorium seperti gelas ukur, kertas saring, Erlemeyer, oven dan neraca analitik sedangkan bahan yang digunakan adalah Peta pendukung Sub DAS Rikit Gaib dan data curah hujan. Berdasarkan hasil perhitungan debit rata-rata Sub DAS Rikit Gaib Kabupaten Gayo Lues adalah 22,6 m3/det. Discharge Rating Curve Sub DAS Rikit Gaib adalah Q = 25,76 h0,37. Qmax Sub DAS Rikit Gaib adalah 1,11 m3/dt standar evaluasi 0,58 – 1,50 sehingga dikategorikan dengan skor sedang. Koefisien Limpasan untuk Sub DAS Rikit Gaib adalah 0,049 standar evaluasi

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENDAPATAN PENDUDUK MISKIN DI KECAMATAN RIKIT GAIB KABUPATEN GAYO LUES (Novia Khairani, 2017)

STUDI PENGGUNAAN AGREGAT KASAR RIKIT GAIB DAN COT GIREK TERHADAP KEKUATAN CAMPURAN BETON ASPAL AC-BC (ASPHALT CONCRETE - BINDER COURSE) (safli sanusi, 2014)

ASPEK TEKNIS PEMULIAAN DAN PEMELIHARAAN KERBAU DI KABUPATEN GAYO LUES (SULAIMAN, 2014)

ANALISIS KETAHANAN PANGAN RUMAH TANGGA PETANI DI KECAMATAN RIKIT GAIB KABUPATEN GAYO LUES (siti wahyuni, 2016)

KAJIAN PENGARUH PERSENTASE AGREGAT KASAR BERBEDA QUARRY TERHADAP KEKUATAN ASPAL AC-BC (Ahmad Rosyidi, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy