//

PERSEPSI SISWA TERHADAP PROSES PEMBELAJARAN IPS TERPADU PADA SMP NEGERI 2 INDRAPURI

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Dewi Wahyuni - Personal Name
SubjectEDUCATIONAL PSYCHOLOGY
REMEDIAL EDUCATION
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Dewi Wahyuni. 2017. Persepsi siswa terhadap proses pembelajaran IPS Terpadu pada SMP Negeri 2 Indrapuri. Skripsi, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing (1) Dra. Musfiana, MM (2) Dr.Amiruddin,M.Si Kata Kunci : Persepsi siswa, komponen pengajaran dan proses pembelajaran IPS Terpadu Penelitian ini berjudul “Persepsi Siswa Terhadap Proses Pembelajaran IPS Terpadu pada SMP Negeri 2 Indrapuri”. Persepsi memiliki peranan penting dalam perkembangan berfikir siswa, karena berhubungan dengan pesan atau informasi yang termasuk kedalam otak manusia, melalui persepsi manusia terus menerus mengadakan hubungan dengan lingkungannya, dan hubungan ini dilakukan lewat indera penglihatan, indera pendengaran, indera peraba dan indera perasa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana persepsi siswa terhadap proses pembelajaran IPS terpadu pada SMP Negeri 2 Indrapuri. Siswa akan melihat atau menilai beberapa sifat dari komponen pengajaran yang akan menjadi suatu proses pembelajaran antara lain : tujuan pendidikan, peserta didik itu sendiri, pendidik/guru, bahan atau materi pelajaran, pendekatan atau metode pembelajaran, alat atau media pembelajaran, sumber belajar dan evaluasi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap persepsi siswa terhadap proses pembelajaran IPS Terpadu. Manfaat penelitian ini adalah sebagai bahan tambahan serta evaluasi untuk mengoptimalkan motivasi dalam proses pembelajaran IPS Terpadu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode deskriptif, untuk prosedur pengumpulan data dilakukan dengan beberapa teknik yaitu : penyebaran angket dan dokumentasi. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 47 siswa (total sampel). Data diolah dengan menggunakan rumus persentase (%). Hasil penelitian ini menunujukkan persepsi siswa terhadap proses pembelajaran IPS Terpadu pada indikator kegiatan prapembelajaran dikategorikan baik dengan skor rata-rata 3,24, pada kegiatan inti keseleuruhan dikategorikan cukup dengan skor rata-rata 2,80 dan yang terakhir pada kegiatan penutup dikategorikan cukup dengan skor rata-rata 2,92. Jadi kesimpulan yang dapat diambil dari uraian diatas bahwa persepsi siswa terhadap proses pembelajaran IPS Terpadu pada SMP Negeri 2 Indrapuri memiliki skor rata-rata 2,98 dengan kriteria cukup. Maka ada beberapa indikator yang harus diperbaiki dalam melaksanakan proses pembelajaran IPS Terpadu untuk menunjang dan meningkatkan hasil belajar siswa SMP Negeri 2 Indrapuri.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PELAKSANAAN PROSES PEMBELAJARAN IPS TERPADU DI SMPN 11 BANDA ACEH (Wardatun Faidha, 2017)

PERSEPSI SISWA TERHADAP PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKN) DI SMP NEGERI 3 KLUET UTARA KABUPATEN ACEH SELATAN (ZALEKHA, 2014)

PELAKSANAAN PROGRAM REMEDIAL PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SD NEGERI 29 BANDA ACEH (Sastriani, 2018)

HUBUNGAN PERSEPSI SISWA TENTANG KREATIVITAS GURU DAN FASILITAS PEMBELAJARAN DENGAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VIII MTSN KUTA BARO ACEH BESAR (Dewi Hayati, 2016)

PERSEPSI MASYARAKAT INDRAPURI TERHADAP PENINGGALAN SITUS SEJARAH MESJID TUHA INDRAPURI (Riskiana , 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy