//

STUDI PENENTUAN PENANGANAN PPERBAIKAN JALAN MAKAN TEUKU NYAK ARIEF KABUPATEN ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Ayu Santi - Personal Name
SubjectROADS - ENGINEERING
ROAD DAMAGE
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Jalan Makam Teuku Nyak Arief – Lamreung Kabupaten Aceh Besar merupakan jalan kolektor dengan kelas jalan IIIA. Jalan ini juga dapat digunakan untuk akses menuju Kampus Abulyatama dan Bandara Sultan Iskandar Muda. Banyaknya mobilitas kendaraan yang melewati jalan ini menyebabkan volume lalu lintas tinggi, sehingga menimbulkan berbagai permasalahan yang terjadi pada badan jalan sebagai prasarana transportasi. Permasalahan yang timbul akibat repetisi beban lalu lintas adalah kerusakan jalan. Kerusakan jalan yang terjadi dapat berupa retak, bergelombang, lubang dan kerusakan lainnya. Oleh sebab itu, perlu dilakukan penelitian untuk mengevaluasi kerusakan jalan tersebut sehingga dapat ditentukan proses pemiliharan yang sesuai. Metode Bina Marga telah diaplikasikan pada penelitian ini untuk menentukan tingkat kerusakan jalan dan memilih metode yang cocok untuk menanganinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi jenis kerusakan dan tingkat kerusakan yang terjadi pada badan jalan serta menentukan jenis pemeliharaan dengan Metode Bina Marga. Metode Bina Marga merupakan salah satu metode yang sering digunakan untuk mengevaluasi kondisi jalan khususnya di Indonesia. Kajian tingkat kerusakan jalan telah dilakukan dengan membagi Jalan Makam Teuku Nyak Arief - Lamreung dengan panjang 4.478 km menjadi 6 segmen. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa segmen 1 sampai dengan segmen 6 dengan nilai UP sebesar 9 dan 10, berdasarkan nilai UP yang didapat, maka bentuk pemeliharaan yang dilakukan adalah pemeliharaan rutin. Pemeliharaan tersebut dilakukan dengan tujuan agar jalan tersebut tetap berada dalam kondisi baik dan mencegah terjadinya kerusakan yang lebih parah. Informasi ini dapat digunakan oleh instansi terkait sebagai upaya yang dapat dilakukan untuk memelihara jalan tersebut. Kata Kunci: Bina Marga, kerusakan jalan, Urutan Prioritas, pemeliharaan.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS SISTEM PEMELIHARAAN JALAN KABUPATEN BENER MERIAH BERBASIS SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS (SIG) (JINGER IRANTONI, 2021)

PENGATURAN LAMPU LALU-LINTAS DI SIMPANG PKA KOTA BANDA ACCEH DENGAN MENGGUNAKAN FUZZY LOGIC MAMDANI (Zahlul Auwali, 2017)

PENGENDALIAN PEMANFAATAN RUANG DI KORIDOR JALAN TEUKU NYAK ARIEF KOTA BANDA ACEH (DENY CANDRA, 2018)

PERHITUNGAN KINERJA RUAS JALAN TEUKU NYAK ARIEF TUNGKOP BERDASARKAN DERAJAT KEJENUHAN DAN KECEPATAN (STUDI KASUS KAWASAN KOMPLEK SEKOLAH TUNGKOP) (RAHMAT AWALUDDIN ISNIN, 2018)

ANALISIS KELONGSORAN DAN FAKTOR KEAMANAN TERHADAP KERUSAKAN BADAN JALAN DIPERKUAT DENGAN RETAINING WALL TIPE KANTILEVER DAN MINIPILE MENGGUNAKAN PROGRAM PLAXIS VERSI 8.6 LUES-BLANGKEJEREN (Banta Usman, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy