//

PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA ASLI DAN MEDIA GAMBAR PADA MATERI PESAWAT SEDERHANA DI KELAS V SD NEGERI 62 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang windayani - Personal Name
SubjectEDUCATIONAL PSYCHOLOGY
EDUCATIONAL MEDIA
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

Kata Kunci: Media asli, media gambar, hasil belajar, pesawat sederhana. Penelitian ini berjudul “Perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan media asli dan media gambar pada materi pesawat sederhana di kelas V SD Negeri 62 Banda Aceh”. Yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adakah perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan media asli dan media gambar pada materi pesawat sederhana di kelas V SD Negeri 62 Banda Aceh. Tujuannya untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan media asli dan media gambar pada materi pesawat sederhana di kelas V SD Negeri 62 Banda Aceh. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode kuantitatif yang merupakan jenis penelitian eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 62 Banda Aceh yang berjumlah 64 orang sedangkan sampel dalam penelitian adalah siswa kelas Va yang berjumlah 32 orang sebagai kelas media asli dan kelas media gambar. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui instrument tes hasil belajar pada materi pesawat sederhana. Sedangkan analisa data dilakukan dengan menggunakan statistik uji-t. Berdasarkan hasil belajar siswa dari yang diajarkan dengan menggunakan media asli dan siswa yang diajarkan dengan menggunakan media gambar diperoleh thitung sebesar 2,67 dan ttabel sebesar 1,67 sehingga thitung > ttabel pada taraf signifikan α= 0,05 dan derajat kebebasan =62, karena thitung > ttabel, maka hipotesis H1 diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan media asli dengan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan media gambar pada materi pesawat sederhana di SD Negeri 62 Banda Aceh.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERBEDAAN KEMAMPUAN SISWA MENULIS KARANGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR SERI DENGAN TANPA MEDIA GAMBAR DI KELAS IV SD NEGERI 3 BANDA ACEH (farha, 2015)

PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KETUNTASAN BELAJAR SISWA PADA MATERI SUMBER DAYA ALAM DI KELAS IV SD NEGERI 69 BANDA ACEH. (Ahmad Fauzi, 2013)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KERANGKA MANUSIA MELALUI MEDIA KERANGKA MANUSIA DAN MEDIA GAMBAR SISWA KELAS IV SDN LAMPEUNEURUT RNACEH BESAR (HUMAIRA, 2014)

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI FENOMENA ALAM DI KELAS IV SD NEGERI 1 BANDA ACEH (ARIS MADHUHA, 2014)

KEMAMPUAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS V MELALUI MEDIA GAMBAR DAN NON MEDIA GAMBAR DI SD NEGERI 35 BANDA ACEH (Nurkhalimah, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy