//

PENERAPAN TEKNIK MODELING DALAM MENINGKATKAN PERILAKU TOLERANSI SISWA KELAS V SD NEGERI 25 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Putri Fakhrina Sari - Personal Name
SubjectCHILDREN - DEVELOPMENT - HUMAN PHYSIOLOGY
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Sari, Putri Fakhrina. 2017. Penerepan Teknik Modeling Simbolis Dalam Meningkatkan Perilaku Toleransi Siswa Kelas V SD Negeri 25 Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Bimbingan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing : (1) Drs. Martunis, M.Si, (2) Fajriani, S.Pd, M.Ed Kata kunci: Perilaku toleransi, teknik modeling simbolis Perilaku toleransi merupakan hal yang harus dikembangkan kepada semua siswa di sekolah, agar terbentuk karakter siswa yang menghargai perbedaan dalam menjalani roda kehidupan dalam bermasyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan perilaku toleransi siswa kelas V SD Negeri 25 Banda Aceh melalui teknik modeling simbolis, serta melihat ada atau tidaknya peningkatan perilaku toleransi siswa setelah diberikan perlakuan dengan teknik tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan bentuk pre-experiment, one group pre-post test design. Sampel diambil dengan metode purposive sampling berjumlah 10 orang dari 52 siswa yang memiliki perilaku toleransi rendah. Data dikumpulkan dengan angket berskala 1-4. Uji paired sample sign-test yang dipakai untuk melihat ada atau tidaknya peningkatan perilaku toleransi sebelum dan sesudah diberikan perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan yang signifikan setelah diberikan perlakuan berupa teknik modeling simbolis pada siswa, terdapat perbedaan nilai rata-rata posttest lebih besar dari pretest yaitu 117,4≥94,1 yang berarti, adanya peningkatan skor perilaku toleransi siswa sebelum dan sesudah diberikan perlakuan teknik modeling simbolis. Peningkatan skor rata-rata sebelum dan sesudah diberikan perlakuan sebanyak 23,3. Adapun perubahan positif (+) atau X sebanyak 10 oleh sebab itu, dengan melihat tabel binominal n=10 dan p=0,5, maka probabilitas untuk X≥10 adalah 0,001 dan karena 0,001 lebih kecil dari pada 0,05 maka pengujian hipotesis dalam penelitian ini Ho ditolak. Artinya terdapat perbedaan yang signifikan pada skor perilaku toleransi dari sampel sebelum dan setelah diberikan teknik Modeling Simbolis. Hal tersebut dapat dinyatakan pula bahwa adanya peningkatan dan perubahan perilaku toleransi sampel sebelum dan setelah diberikan teknik modeling simbolis.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN TEKNIK MODELING SIMBOLIS UNTUK MENGURANGI PERILAKU BULLYING SISWA DI SMA NEGERI 16 BANDA ACEH (Desi Arista, 2020)

PENERAPAN TEKNIK MODELING SIMBOLIK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA DI MTSN MODEL BANDA ACEH (Yuwinda Ardila, 2017)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARN CHILDREN LEARNING IN SCIENCE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII MTSN BEUREUNUEN KABUPATEN PIDIE (Noni Anggraini, 2014)

TEKNIK MODELING SIMBOLIS UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA (SUATU PENELITIAN PRA-EKSPERIMEN DI MTSN RUKOH KOTA BANDA ACEH) (ARIYANA RUSTAM, 2016)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE PADA MATERI AKTIVITAS EKONOMI DAN SUMBER DAYA ALAM TERHADAP PRESTASI BELAJAR DI KELAS IV SD NEGERI 36 BANDA ACEH (Novia Faradilla, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy