//

BENTUK SILATURAHMI SOSIAL DALAM MASYARAKAT RONGA-RONGA KABUPATEN BENER MERIAH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Wahyudi Darma - Personal Name
SubjectENVIRONMENT
ENVIRONMENT PROTECTION
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata kunci : Bentuk Silaturahmi, Masyarakat Ronga-Ronga Penelitian ini berjudul: “Bentuk Silaturahmi Sosial Dalam Masyarakat Ronga-Ronga Kabupaten Bener Meriah”. Bentuk silaturahmi yang ada di dalam masyarakat Gayo di desa Ronga-Ronga Kabupaten Bener Meriah yaitu Mango yang merupakan salah satu adat yang dapat menjalinkan persaudaran yang begitu dekat yang telah lama ada sampai dengan sekarang, yang di artikan Merai Secara Hormat (Mendatangi Secara Terhormat/ Mengundang) secara tatap muka. Namun saat ini Mango sudah mulai terdapat perubahan dalam tata cara penyampaiannya kepada masyarakat, yang di sebabkan oleh Teknologi Hanphone. (1). Bagaimana bentuk silaturahmi sosial Mango dalam masyarakat Ronga-Ronga Kabupaten Bener Meriah?. (2). Apa saja upaya yang di lakukan untuk menjaga silaturrahmi sosial Mango dalam masyarakat Ronga-Ronga Kabupaten Bener Meriah?. Penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif sedangkan pengumpulan data utama di lakukan dengan jenis wawancara dan subjek dalam penelitian ini adalah 10 (sepuluh) orang. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa bentuk silaturahmi Mango dalam masyarakat Gayo terutama di desa Ronga-Ronga Kabupaten Bener Meriah masih di laksanakan namu tidak di lakukan seperti halnya dahulu secara langsung secara tatap muka, terdapat perubahan yang di lakukan dalam tatacara Mango mengunakan Teknologi Handphone, masyarakat mengunakan Handpone dalam melaksanakan Mango di desa Ronga-Ronga yang tidak secara langsung bertatap muka, masyarakat juga mengunakan Mango melalui Teknologi Handpone dalam keadaan dekat rumah perrumah dan istilah dan nilai-nilai mango tidak di gunakan dalam Mango melalui Teknologi Handphne tersebut. Mango mengunakan Teknologi Handphone yaitu masyarakat berada dalam kejauhhan dengan masyarakat lain dan dan nilai-nilai adat Mango harus di cantumkan dalam Teknologi Handpone. Saran dalam penelitian ini adalah Mango salah satu adat yang dapat mempererat persaudaraan, agar selalu di jaga dan di lestarikan, masyarakat dan pragenerasi muda agar dapat mempelajari adat istiadat warisan leluhur, selain itu para tokoh adat juga harus menjadi panutan bagi masyarakat.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ASIMILASI DAN PERGESERAN NILAI-NILAI SOSIAL BUDAYA MASYARAKAT GAYO DI KECAMATAN PINTU RIME GAYO KABUPATEN BENER MERIAH (RAMADHAN, 2016)

KAJIAN KESESUAIAN PENGGUNAAN LAHAN DENGAN RENCANA TATA RUANG WILAYAH (RTRW) KABUPATEN BENER MERIAH (Sylvia Zahara, 2016)

BAHASA TABU DALAM MASYARAKAT GAYO DI KABUPATEN BENER MERIAH (Silfita Yani, 2019)

INTERAKSI SOSIAL ANTARA ETNIS JAWA DENGAN ETNIS GAYO DI KECAMATAN BUKIT KABUPATEN BENER MERIAH (1978-2010) (Nera Maya, 2020)

THE INFLUENCE OF INITIATION STRUCTURE LEADERSHIP, CONSIDERATING STRUCTUR LEADERSHIP AND WORK ENVIRONMENT ON THE PERFORMANCE OF THE EMPLOYEE SOCIAL AGENCY OF ACEH (Nurhayati Wanda, 2013)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy