//

Kompetensi Guru dalam Menggunakan Media Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) pada SMP Negeri 7 Kuala Kabupaten Nagan Raya

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Ellita - Personal Name
SubjectEDUCATIONAL MEDIA
TEACHERS
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata Kunci: Kompetensi Guru, Media Pembelajaran Penelitian ini mengkaji tentang: Kompetensi Guru dalam Menggunakan Media Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) pada SMP Negeri 7 Kuala Kabupaten Nagan Raya. Rumusan masalah: (1) Bagaimanakah kompetensi guru dalam pemanfaatan media pembelajaran, (2) Jenis media pembelajaran seperti apakah yang sering digunakan oleh guru, dan (3) Media pembelajaran bagaimana yang disenangi siswa. Tujuan penelitian: (1) Mengetahui kompetensi guru dalam pemanfaatan media pembelajaran, (2) Mengetahui jenis media pembelajaran yang sering digunakan oleh guru, dan (3) Mengetahui media pembelajaran yang disenangi siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 7 Kuala Kabupaten Nagan Raya. Subjek dalam penelitian ini adalah guru Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) SMP Negeri 7 Kuala Kabupaten Nagan Raya yang berjumlah 3 orang. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini digunakan instrumen wawancara, dan setelah data terkumpul melalui wawancara langsung dengan informan, selanjutnya data dianalisis secara kualitatif. Hash penelitian menunjukkan (1) Hampir semua guru telah memanfaatkan media pembelajaran untuk menyampaikan materi pembelajaran secara efektif dan efisien kepada siswa di dalam kelas, (2) Media yang sering digunakan adalah media gambar, visual, dan peta konsep untuk menyampaikan materi pelajaran kepada siswa di dalam kelas, dan (3) Siswa lebih menyenangi media visual, gambar, dan peta konsep. berdasarkan temuan dalam penelitian ini, maka dapat disarankan beberapa hal sebagai berikut: (1) Kepada pihak sekolah dan instansi terkait lainnya diharapkan agar dapat menyediakan media pembelajaran secara lengkap agar guru dapat memanfaatkannya dalam proses belajar mengajar dan (2) Kepada guru diharapkan lebih kreatif membuat media pembelajaran sendiri apabila sekolah tidak menyediakan media pembelajaran yang lebih memadai agar proses belajar mengajar dapat berlangsung lebih efektif dan efisien, sehingga dapat meningkatkan aktifitas dan partisipasi siswa dalam belajar.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN METODE-METODE PEMBELAJARAN MENULIS DI SMA/SMK SEKABUPATEN NAGAN RAYA (Iswandi, 2016)

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN SEJARAH INFOGRAFIS PADA MATERI PERGERAKAN NASIONAL TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 DARUL MAKMUR KABUPATEN NAGAN RAYA (ROSNIDAR, 2019)

KREATIFITAS GURU MENGGUNAKAN METODE DAN MEDIA DALAM MENINGKATKAN AKTIFITAS DAN MOTIVASI SISWA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKN) DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI (MTSN) MODEL MEULABOH 1 JOHAN PAHLAWAN MEULABOH KABUPATEN ACEH BARAT (NURHAYANI, 2014)

KEMAMPUAN PROFESIONAL GURU BIDANG STUDI PAI DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA SEKOLAH DASAR NEGERI 1 SIMPANG PEUT RNKEC. KUALA KAB. NAGAN RAYA (Eka Agusniar, 2014)

PERSEPSI SISWA TERHADAP PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKN) DI SMP NEGERI 3 KLUET UTARA KABUPATEN ACEH SELATAN (ZALEKHA, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy