IDENTIFIKASI BAKTERI PROTEOLITIK PADA RUMEN SAPI ACEH BERDASARKAN ANALISIS GEN 16S RRNA | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

IDENTIFIKASI BAKTERI PROTEOLITIK PADA RUMEN SAPI ACEH BERDASARKAN ANALISIS GEN 16S RRNA


Pengarang

GRESSHA VIONALLE A - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1302101010154

Fakultas & Prodi

Fakultas Kedokteran Hewan / Pendidikan Kedokteran Hewan (S1) / PDDIKTI : 54261

Penerbit

Banda Aceh : FAKULTAS KEDOKTERAN HEWAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA., 2017

Bahasa

Indonesia

No Classification

1

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Bakteri proteolitik di rumen sapi mempunyai kemampuan untuk memecah protein pada pakan dengan menghasilkan enzim protease. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis bakteri penghasil enzim protease pada rumen sapi aceh yang dilakukan berdasarkan analisis gen 16S rRNA melalui PCR-sekuensing. Sampel cairan rumen sapi aceh diambil dari RPH Lambaro Aceh Besar, lalu ditanam ke media selektif Skim Milk Agar dan diinkubasi anaerob pada suhu 39 0C selama 48 jam. Koloni bakteri proteolitik yang tumbuh dan memiliki zona bening terluas diambil untuk dilakukan isolasi DNA total dan amplifikasi gen 16s rRNA. Hasil amplifikasi gen ini kemudian disekuensing, selanjutnya hasil sekuensing di analisis di NCBI untuk melihat homologi bakteri sampel dengan yang dideposit di GenBank. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa spesies isolat bakteri penghasil enzim protease memiliki kedekatan dengan bakteri Kosakonia arachidis strain Ah-143 sebesar 96% sesuai dengan urutan DNA dan ukuran posisi yang sama dengan gen yang ada di GenBank.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK