PERBANDINGAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA YANG DIAJARKAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER DAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS PADA SISWA KELAS VIII MTSN MODEL BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA YANG DIAJARKAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER DAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS PADA SISWA KELAS VIII MTSN MODEL BANDA ACEH


Pengarang

Ista Ana - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1006103030074

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Fisika (S1) / PDDIKTI : 84203

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2017

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Pemilihan model pembelajaran yang tepat sangat berpengaruh pada hasil belajar siswa. Model pembelajaran kooperatif muncul dari konsep yang mengutamakan adanya kelompok-kelompok. Model pembelajaran kooperatif mengutamakan kerja sama dengan menyelesaikan permasalahan untuk menerapkan pengetahuan dan keterampilan dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran. Penelitian yang berjudul ”Perbandingan hasil belajar fisika siswa yang diajarkan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together dan Model Student Teams Achievement Divisions pada siswa kelas VIII MTsN Model Banda Aceh”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandinagn hasil belajar fisika siswa yang diajarkan dengan model NHT dan STAD di MTsN Model Banda Aceh pada materi Energi dan perubahannya. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen (ekperimen semu) dengan populasi seluruh siswa kelas VIII di MTsN Model Banda Aceh. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik pemilihan secara acak sehingga diperoleh kelas VIII-10 yang berjumlah 36 siswa sebagai kelas eksperimen I dan kelas VIII-11 yang berjumlah 36 siswa sebagai kelas eksperimen II. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan menggunakan dokumentasi dan tes. Tes hasil belajar pretes dan postes pilihan ganda (20 butir) dan essay (2 butir) pada konsep energi dan perubahannya. Hasil analisis data menggunakan Uji-t dua sampel independen, diperoleh hasil skor rata-rata posttest kelas Eksperimen I sama dengan rata-rata skor posttest kelas eksperimen II thitung = 1,99 > ttabel =0,76. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar fisika siswa yang diajarkan menggunakan model NHT sama baiknya dengan hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan model STAD pada kelas VIII MTsN Model Banda Aceh.

Kata kunci : hasil belajar, model pembelajaran Numbered Head Together, model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK