UJI DAYA SERAP SERBUK GERGAJI KAYU MERBAU (INTSIA SP) TERHADAP LOGAM TIMBAL(II) | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

UJI DAYA SERAP SERBUK GERGAJI KAYU MERBAU (INTSIA SP) TERHADAP LOGAM TIMBAL(II)


Pengarang

Faucut Sarah - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1206103040063

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Kimia (S1) / PDDIKTI : 84204

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2016

Bahasa

Indonesia

No Classification

624.182

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK


Kata kunci : Ion logam timbal(II), serbuk gergaji, merbau (Intsia sp), aktivasi, adsorpsi, Isoterm Langmuir dan Freundlich.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui daya serap serbuk gergaji kayu merbau (Intsia sp) terhadap logam timbal(II). Sampel serbuk gergaji kayu merbau yang digunakan sebagai adsorben diambil dari sisa pembuatan perabotan rumah tangga pada panglung kayu yang berada di sekitar Kabupaten Aceh Timur. Studi adsorpsi dilakukan dengan memvariasikan pH, waktu kontak, massa adsorben, kecepatan pengadukan, dan konsentrasi awal ion logam timbal(II) yang dianalisis dengan menggunakan AAS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa serbuk gergaji kayu merbau (Intsia sp) dengan ukuran 150 mesh dapat mengadsorpsi ion logam timbal(II) dengan kondisi sebagai berikut konsentrasi 300 ppm, pH 5, waktu kontak 40 menit, massa serbuk gergaji kayu merbau (Intsia sp) 3 gram, dan kecepatan pengadukan 250 rpm. Kapasitas adsorpsi dengan menggunakan adsorben yang telah diaktivasi basa lebih besar karena aktivator basa dapat melarutkan senyawa-senyawa yang menghambat proses adsorpsi. Proses adsorpsi ion timbal(II) oleh serbuk gergaji kayu merbau (Intsia sp) memenuhi model isoterm Langmuir dan Freundlich karena nilai R2 yang didapatkan keduanya mendekati 1. Namun, Isoterm Freundlich lebih cocok digunakan pada proses adsorpsi ion timbal(II) oleh serbuk gergaji kayu merbau (Intsia sp) karena nilai R2 isoterm Freundlich lebih besar dari isoterm Langmuir.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK