//

KORELASI NILAI MATA KULIAH GEOGRAFI LINGKUNGAN DAN PKLH DENGAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN HIDUP PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GEOGRAFI FKIP UNSYIAH.

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Fredy Satrya Anggara - Personal Name

Abstrak/Catatan

Pendidikan merupakan hal penting dalam membentuk sikap, karakter dan tingkah laku seseorang. Seseorang yang telah mendapatkan sebuah pendidikan dapat dikatakan sikap dan tingkah lakunya akan mengikuti pengetahuan yang dimilikinya. Hasil nilai mata kuliah pada mahasiswa sudah sejalan dengan sikap yang dimiliki oleh mahasiswa Pendidikan Geografi Unsyiah. Penelitian bertujuan untuk mengetahui hubungan yang signifikan dan positif antara nilai mata kulliah Geografi Lingkungan dan Mata kuliah PKLH dengan sikap peduli lingkungan pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Geografi FKIP Unsyiah. Dalam penelitian ini, yang menjadi populasinya adalah mahasiswa geografi angkatan masuk tahun 2012 dan 2013 yang sudah mengambil mata kuliah Geografi lingkungan dan PKLH yang berjumlah 140 mahasiswa. Sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 58 mahasiswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan uji validitas, reliabilitas, normalitas, homogenitas, korelasi ganda, dan uji F. Berdasarkan hasil pengolahan data, diperoleh nilai korelasi antara minat baca dan motivasi belajar dengan hasil belajar sebesar R = 0,91. Untuk menyatakan apakah korelasi ini signifikan atau tidak maka dilakukan uji F dengan ketentuan terima Ha jika Fhitung > Ftabel untuk taraf signifikansi 5%. Hasil uji F yang diperoleh yaitu Fhitung = 13,66 dan Ftabel = 3,17, berarti Fhitung > Ftabel. Dengan demikian terdapat hubungan yang signifikan antara nilai mata kulliah geografi lingkungan dan mata kuliah PKLH dengan sikap peduli lingkungan pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Geografi FKIP Unsyiah.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN NILAI MATA KULIAH METEOROLOGI KLIMATOLOGI DAN PENDIDIKAN KEPENDUDUKAN LINGKUNGAN HIDUP DENGAN SIKAP TERHADAP PEMANASAN GLOBAL MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN GEOGRAFI FKIP UNSYIAH ANGKATAN 2016 - 2017 (YUNI SANTI, 2020)

KORELASI NILAI MATA KULIAH PENGINDERAAN JAUH DAN KARTOGRAFI DENGAN NILAI MATA KULIAH SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GEOGRAFI FKIP UNSYIAH (NINING SRI WARDANI, 2015)

KORELASI NILAI MATA KULIAH STRATEGI PEMBELAJARAN GEOGRAFI DAN PERENCANAAN PEMBELAJARAN GEOGRAFI DENGAN NILAI MATA KULIAH MAGANG III MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN GEOGRAFI FKIP UNSYIAH ANGKATAN 2014–2015 (YUSWARDI CRYSIA RANGGA, 2019)

KORELASI NILAI MATA KULIAH STRATEGI PEMBELAJARAN GEOGRAFI DAN PERENCANAAN PEMBELAJARAN GEOGRAFI DENGAN NILAI MATA KULIAH PENGAJARAN MIKRO MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN GEOGRAFI FKIP UNSYIAH ANGKATAN 2014-2015 (Ramadhan Wan Fitrah, 2019)

KORELASI NILAI MATA KULIAH KAJIAN MATERI GEOGRAFI SMA DAN NILAI MATA KULIAH KAJIAN MATERI SMP DENGAN NILAI MATA KULIAH MAGANG KEPENDIDIKAN III MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN GEOGRAFI FKIP UNSYIAH ANGKATAN 2015 (ELVIKA ZURAY, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy