PENGGUNAAN TEKNIK SOSIODRAMA DALAM MENINGKATKAN PERILAKU ASERTIF PADA SISWA SMAN 5 BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PENGGUNAAN TEKNIK SOSIODRAMA DALAM MENINGKATKAN PERILAKU ASERTIF PADA SISWA SMAN 5 BANDA ACEH


Pengarang

Dinar Chairani - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1206104030040

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Bimbingan dan Konseling (S1) / PDDIKTI : 86201

Penerbit

Banda Aceh : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA., 2016

Bahasa

Indonesia

No Classification

401.9

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
Chairani, Dinar. 2016. Penggunaan Teknik Sosiodrama Dalam Meningkatkan Perilaku Asertif Pada Siswa SMAN 5 Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Bimbingan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing :
(1) Drs. Martunis, M.Si., (2) Fajriani, S.Pd, M.Ed
Kata kunci: perilaku asertif, teknik sosiodrama
Perilaku asertif adalah keterampilan yang sangat penting dimiliki oleh siswa agar tidak kehilangan hak-hak pribadinya dan tidak mudah didominasi oleh orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk melihat gambaran perilaku asertif siswa SMAN 5 Banda Aceh sebelum dan sesudah diberikan layanan bimbingan kelompok dengan menggunakan teknik sosiodrama serta untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan yang signifikan antara sebelum dan sesudah diberikan teknik sosiodrama. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan bentuk pra-experiment, one group pre-post test design. Penarikan sampel dilakukan secara purposive sampling dengan jumlah sampel 10 orang dari 100 siswa yang diduga memiliki perilaku asertif rendah. Pengumpulan data menggunakan angket berskala perilaku asertif 1-4. Data penelitian dianalisis dengan uji paired sample sign-test. Hasil analisis menunjukkan tingkat perilaku asertif siswa mengalami peningkatan yang signifikan setelah diberikan teknik sosiodrama sebanyak 10 kali pertemuan, dengan mean pre-post test 205,2>181,4 yaitu dari kategori rendah ke kategori sedang, dengan perubahan positif (+) atau disebut juga dengan X ada sebanyak 10. Dengan melihat tabel binominal n=10 dan p=0,5, probabilitas untuk X?10 adalah 0,001 karena 0,001 lebih kecil dari 0,05 maka pengujian hipotesis dalam penelitian ini (Ha) diterima. Maka terdapat peningkatan yang signifikan pada tingkat perilaku asertif siswa SMAN 5 Banda Aceh setelah diberi perlakuan teknik sosiodrama.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK