PEMBELAJARAN DRAMA PADA TEATER SEKOLAH SMA NEGERI 10 FAJAR HARAPAN BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    THESES

PEMBELAJARAN DRAMA PADA TEATER SEKOLAH SMA NEGERI 10 FAJAR HARAPAN BANDA ACEH


Pengarang

Muhammad - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

11092000100018

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Penerbit

Banda Aceh : Program Studi Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Syiah Kuala., 2016

Bahasa

Indonesia

No Classification

808.82

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses perencanaan pembelajaran,
pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran drama pada teater sekolah SMA
Negeri 10 Fajar Harapan Banda Aceh. Langkah-langkah yang dilakukan dalam
penelitian ini meliputi pengumpulan data, penyajian data, deskripsi dan analisis data.
Metode yang digunakan adalah deskriptif analitis dengan pendekatan kualitatif. Data
dikumpulkan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian
ini adalah satu orang guru Bahasa dan Sastra Indonesia pada SMA Negeri 10 Fajar
Harapan Banda Aceh, satu orang pelatih teater pada Teater Sekolah SMA Negeri 10
Fajar Harapan Banda Aceh, serta siswa yang anggota Teater Sekolah SMA Negeri 10
Fajar Harapan. Pengolahan data dilakukan dengan menganalisis data-data yang
dikumpulkan, yakni lembaran observasi dan RPP pembelajaran drama, hasil wawancara
serta dokumentasi langkah pementasan drama. Tesis penelitian menunjukkan bahwa
perencanaan pembelajaran drama yang dilaksanakan oleh guru dan pelatih teater
sekolah sudah sesuai dengan kriteria baik. Pelaksanaan pembelajaran drama oleh guru
di kelas belum sepenuhnya sesuai dengan kriteria pementasan drama, sedangkan
pelaksanaan pembelajaran drama oleh pelatih teater di teater sekolah SMA Negeri 10
Fajar Harapan sudah sesuai dengan kriteria baik. Evaluasi pembelajaran drama yang
dilaksanakan oleh guru di kelas sudah sesuai dengan kriteria baik, sedangkan evaluasi
pembelajaran drama yang dilaksanakan oleh pelatih teater di teater sekolah belum
sepenuhnya sesuai dengan kriteria baik.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK