Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
THESES
PEMBELAJARAN DRAMA PADA TEATER SEKOLAH SMA NEGERI 10 FAJAR HARAPAN BANDA ACEH
Pengarang
Muhammad - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
11092000100018
Fakultas & Prodi
Fakultas / / PDDIKTI :
Penerbit
Banda Aceh : Program Studi Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Syiah Kuala., 2016
Bahasa
Indonesia
No Classification
808.82
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses perencanaan pembelajaran,
pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran drama pada teater sekolah SMA
Negeri 10 Fajar Harapan Banda Aceh. Langkah-langkah yang dilakukan dalam
penelitian ini meliputi pengumpulan data, penyajian data, deskripsi dan analisis data.
Metode yang digunakan adalah deskriptif analitis dengan pendekatan kualitatif. Data
dikumpulkan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian
ini adalah satu orang guru Bahasa dan Sastra Indonesia pada SMA Negeri 10 Fajar
Harapan Banda Aceh, satu orang pelatih teater pada Teater Sekolah SMA Negeri 10
Fajar Harapan Banda Aceh, serta siswa yang anggota Teater Sekolah SMA Negeri 10
Fajar Harapan. Pengolahan data dilakukan dengan menganalisis data-data yang
dikumpulkan, yakni lembaran observasi dan RPP pembelajaran drama, hasil wawancara
serta dokumentasi langkah pementasan drama. Tesis penelitian menunjukkan bahwa
perencanaan pembelajaran drama yang dilaksanakan oleh guru dan pelatih teater
sekolah sudah sesuai dengan kriteria baik. Pelaksanaan pembelajaran drama oleh guru
di kelas belum sepenuhnya sesuai dengan kriteria pementasan drama, sedangkan
pelaksanaan pembelajaran drama oleh pelatih teater di teater sekolah SMA Negeri 10
Fajar Harapan sudah sesuai dengan kriteria baik. Evaluasi pembelajaran drama yang
dilaksanakan oleh guru di kelas sudah sesuai dengan kriteria baik, sedangkan evaluasi
pembelajaran drama yang dilaksanakan oleh pelatih teater di teater sekolah belum
sepenuhnya sesuai dengan kriteria baik.
Tidak Tersedia Deskripsi
THE EFFECT OF DRAMA TECHNIQUE IN TEACHING SPEAKING AT SENIOR HIGH SCHOOL STUDENTS(AN EXPERIMENTAL STUDY AT SMAN 1 SEULIMUM) (Armia, 2019)
THE IMPLEMENTATION OF DRAMA TECHNIQUE IN TEACHING SPEAKING TO THE SECOND YEAR STUDENTS OF SMA LAB SCHOOL UNSYIAH (Raihan Fitria, 2014)
TINGKAT KEPUASAN AUDIENCE TERHADAP DRAMA KOREA “THE HEIRS” DENGAN DRAMA INDIA “MAHABARATA” (STUDI TERHADAP MASYARAKAT KABUPATEN PIDIE) (Alviyanti Rahmazani, 2016)
KEMAMPUAN MEMPARAFRASE TEKS DRAMA MENJADI CERITA YANG PADU PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 5 BANDA ACEH (Yoevi Juniar, 2014)
KEMAMPUAN SISWA KELAS XI SMAN 1 SIGLI MENGIDENTIFIKASI ALUR, TOKOH, DAN KONFLIK DALAM DRAMA YANG DIBACA (DHEA ULVANI, 2019)