Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
THESES
PENGARUH MODEL SCIENCE, TECHNOLOGY, SOCIETY, ENVIRONMENT BERBASIS PRAKTIKUM TERHADAP KETERAMPILANBERPIKIR KRITIS, KETERAMPILAN PROSES SAINS , DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI MAS JEUMALA ‘AMAL
Pengarang
Novi Marliani - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
1409200150040
Fakultas & Prodi
Fakultas / / PDDIKTI :
Subject
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Program Studi Magister Pendidikan Biologi Universitas Syiah Kuala., 2016
Bahasa
Indonesia
No Classification
371.3
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
Novi Marliani. 2016. Pengaruh Model Science, Technology, Society, Environment Berbasis Praktikum Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis, Keterampilan Proses Sains, dan Hasil Belajar Siswa, Pada Materi Pencemaran Lingkungan di MAS Jeumala Amal
Pembimbing I Dr. Hasanuddin, M.Si,. Pembimbing II Dr.Cut Nurmaliah, M.Pd.
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran Science, Technology, Society, Environment berbasis praktikum terhadap keterampilan berpikir kritis, keterampilan proses sains, dan hasil belajar siswa, pada materi pencemaran lingkungan di MAS Jeumala Amal. Pengambilan data dilakukan pada April 2016. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan rancangan pretest posttest control design. Penelitian ini dilaksanakan pada dua kelas yaitu X-IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan X-IPA 4 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan tes keterampilan berpikir kritis berupa soal berbentuk uraian, lembar observasi untuk menilai keterampilan proses sains, dan tes berupa pilihan ganda untuk menilai hasil belajar siswa. Analisis data menggunakan uji independent sample t-test dengan bantuan SPSS 16.0 for windows pada taraf signifikan 0,05. Hasil uji- t keterampilan berpikir kritis menunjukkan bahwa t_hitung > t_tabel (3,711 > 2,00). Untuk keterampilan proses sains katagori pencapaian siswa adalah katagori baik dan sangat baik. Sedangakan hasil uji- t hasil belajar adalah t_hitung > t_tabel (3,37 > 2,00). Simpulan terdapat pengaruh model pembelajaran Science, Technology, Society, Environment berbasis praktikum terhadap keterampilan berpikir kritis, keterampilan proses sains, dan hasil belajar siswa pada materi pencemaran lingkungan di MAS Jeumala Amal.
Kata Kunci: STSE, Keterampilan Berpikir Kritis, Keterampilan Proses Sains, Hasil Belajar Siswa, Pencemaran Lingkungan.
Tidak Tersedia Deskripsi
PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBASIS STEM UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X MAS DARUL IHSAN (SUSI YANTI, 2021)
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBASIS PRAKTIKUM PADA MATERI SISTEM EKSKRESI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMA NEGERI 1 INDRAPURI ACEH BESAR (Nafisah Hanim, 2015)
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBASIS LINGKUNGAN DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR PADA MATERI KOMPONEN EKOSISTEM DI SMK KESEHATAN ASSYIFA SCHOOL BANDA ACEH (Erlina, 2017)
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBASIS PRAKTIKUM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI FOTOSINTESIS DI SMP NEGERI 9 BANDA ACEH (Nela Yuliana, 2016)
PEMBELAJARAN INKUIRI BERBASIS PRAKTIKUM PADA KONSEP KEANEKARAGAMAN HAYATI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA DI SMA NEGERI 11 BANDA ACEH (Kamalliansyah Walil, 2019)