PENGARUH MODEL SCIENCE, TECHNOLOGY, SOCIETY, ENVIRONMENT BERBASIS PRAKTIKUM TERHADAP KETERAMPILANBERPIKIR KRITIS, KETERAMPILAN PROSES SAINS , DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI MAS JEUMALA ‘AMAL | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    THESES

PENGARUH MODEL SCIENCE, TECHNOLOGY, SOCIETY, ENVIRONMENT BERBASIS PRAKTIKUM TERHADAP KETERAMPILANBERPIKIR KRITIS, KETERAMPILAN PROSES SAINS , DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI MAS JEUMALA ‘AMAL


Pengarang

Novi Marliani - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1409200150040

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Penerbit

Banda Aceh : Program Studi Magister Pendidikan Biologi Universitas Syiah Kuala., 2016

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.3

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Novi Marliani. 2016. Pengaruh Model Science, Technology, Society, Environment Berbasis Praktikum Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis, Keterampilan Proses Sains, dan Hasil Belajar Siswa, Pada Materi Pencemaran Lingkungan di MAS Jeumala Amal
Pembimbing I Dr. Hasanuddin, M.Si,. Pembimbing II Dr.Cut Nurmaliah, M.Pd.

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran Science, Technology, Society, Environment berbasis praktikum terhadap keterampilan berpikir kritis, keterampilan proses sains, dan hasil belajar siswa, pada materi pencemaran lingkungan di MAS Jeumala Amal. Pengambilan data dilakukan pada April 2016. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan rancangan pretest posttest control design. Penelitian ini dilaksanakan pada dua kelas yaitu X-IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan X-IPA 4 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan tes keterampilan berpikir kritis berupa soal berbentuk uraian, lembar observasi untuk menilai keterampilan proses sains, dan tes berupa pilihan ganda untuk menilai hasil belajar siswa. Analisis data menggunakan uji independent sample t-test dengan bantuan SPSS 16.0 for windows pada taraf signifikan 0,05. Hasil uji- t keterampilan berpikir kritis menunjukkan bahwa t_hitung > t_tabel (3,711 > 2,00). Untuk keterampilan proses sains katagori pencapaian siswa adalah katagori baik dan sangat baik. Sedangakan hasil uji- t hasil belajar adalah t_hitung > t_tabel (3,37 > 2,00). Simpulan terdapat pengaruh model pembelajaran Science, Technology, Society, Environment berbasis praktikum terhadap keterampilan berpikir kritis, keterampilan proses sains, dan hasil belajar siswa pada materi pencemaran lingkungan di MAS Jeumala Amal.
Kata Kunci: STSE, Keterampilan Berpikir Kritis, Keterampilan Proses Sains, Hasil Belajar Siswa, Pencemaran Lingkungan.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK