AKTIVITAS SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN FISIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING (GUIDED INQUIRY) DI KELAS X IPA 1 MAN DARUSSALAM | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

AKTIVITAS SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN FISIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING (GUIDED INQUIRY) DI KELAS X IPA 1 MAN DARUSSALAM


Pengarang

Nuriyanti - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1206103030019

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Fisika (S1) / PDDIKTI : 84203

Subject
Penerbit

Banda Aceh : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA., 2016

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.335

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK

Nuriyanti. 2016. AKtivitas Siswa Dalam Proses Pembelajaran Fisika Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) di Kelas X IPA 1 MAN Darussalam. Skripsi, Jurusan Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing:

(1) Drs. Abdul Hamid, M.Si., (2) Melvina, S.Pd., M.Ed.,
Kata kunci : Model pembelajaran inkuiri terbimbing (Guided Inquiry) dan aktivitas siswa
Penelitian yang berjudul “Aktivitas Siswa Dalam Proses Pembelajaran Fisika Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) di Kelas X IPA 1 MAN Darussalam” ini bertujuan untuk melihat bagaimana aktivitas guru dan siswa, hasil belajar siswa, serta respon siswa terhadap keterlaksanaan aktivitas guru dalam proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 1 MAN Darussalam yang berjumlah 20 siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui tes, lembar observasi aktivitas guru dan siswa, dan angket, data diolah menggunakan statistik persentase. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa terdapat peningkatan aktivitas siswa dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing, Hal ini dapat dilihat dari jumlah persentase rata-rata yang meningkat, pada pertemuan pertama sebesar 84,21%, pada pertemuan kedua 88,16% dan pada pertemuan ketiga 94,08%, hasil belajar siswa juga terdapat peningkatan dari pertemuan pertama ke pertmuan ketiga, pada pertemuan pertama dengan persentase 70%, pada pertemuan kedua 75% dan pada pertemuan ketiga menjadi 85%, dan respon siswa terhadap keterlaksanaan aktivitas guru dalam proses pembelajaran fisika dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing selama tiga kali pertemuan adalah sangat baik. Dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan aktivitas siswa dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dalam proses pembelajaran fisika.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK