//

PENGARUH RHIZOBIUM DAN DOSIS UREA TERHADAP PERTUMBUHAN TANAMAN KEDELAI (GLYCINE MAX (L.) MERRIL)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Harmaida Putri - Personal Name
SubjectFERTILIZERS
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

PENGARUH RHIZOBIUM DAN DOSIS UREA TERHADAP PERTUMBUHAN TANAMAN KEDELAI ( Glycine max (L.) Merril ) Harmaida Putri Program StudiAgroteknologiFakultasPertanianUniversitasSyiah Kuala Banda Aceh, Aceh – Indonesia Jln. Tgk. HasanKruengKalee No. 3 Kopelma Darussalam, Banda Aceh Email :harmaidaputri18@gmail.com, kodepos 23111 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Rhizobium dan dosis Urea terhadap pertumbuhan tanaman kedelai, serta untuk mengetahui ada tidaknya interaksi antara Rhizobium dan dosis Urea terhadap pertumbuhan tanaman kedelai.Penelitian ini dilaksanakan di Lahan Petani Desa Lambiheu Siem Kecamatan Darussalam Kabupaten Aceh Besar. Penelitian ini telah dilaksanakan dari bulan Mei sampai dengan Juli 2016. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK) pola Faktorial 3 x 3 dengan 3 ulangan. Faktor yang diteliti Rhizobium dan Dosis Urea. Faktor Rhizobium terdiri dari 3 taraf yaitu; tanpa Rhizobium, Rhizobium Lokal dan Rhizobium Introduksi. Faktor Dosis Urea terdiri dari 3 taraf yaitu Tanpa Urea, Urea 50 kg ha-1dan Urea 100 kg ha-1. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Rhizobium Introduksi menghasilkan pertumbuhan tanaman kedelai yang lebih baik, sedangkan Dosis Urea 50 kg ha-1 merupakandosis Urea yang lebih baik. Selanjutnya interaksi yang lebih baik terdapat pada Rhizobium Lokal dengan dosis Urea 100 kg ha-1 pada parameter tinggi tanaman umur 2 MST, sedangkan pada tanpa Rhizobium dengan Urea 50 kg ha-1 pada parameter jumlah cabang produktif. Kata kunci : Rhizobium, Dosis Urea dan Varietas.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH MACAM-MACAM RHIZOBIUM DAN DOSIS UREA DALAM MENINGKATKAN HASIL TANAMAN KEDELAI(GLYCINE MAX (L.) MERRIL) (Elsa, 2016)

PENGARUH AMELIORASI TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL KEDELAI (GLYCINE MAX L. MERRIL) PADA ULTISOL (Majid S Sihombing, 2017)

PENGARUH PEMUPUKAN NITROGEN DAN FOSFOR TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI, SERTA MUTU FISIOLOGI BENIH KEDELAI (GLYCINE MAX (L) MERILL.) (Cut Fitri, 2016)

EFEKTIVITAS DOSIS VERMIKOMPOS DAN JENIS MIKORIZA TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN KEDELAI (GLYCINE MAX L. MERRIL) PADA TANAH ULTISOL JANTHO (C U T N I N A H E R L I N A, 2016)

PENGARUH INOKULASI RHIZOBIUM DAN URIN MANUSIA TERHADAP PERUBAHAN SIFAT BIOLOGI DAN KIMIA TANAH SERTA PERTUMBUHAN KEDELAI (GLYCINE MAX L. MERRILL) PADA INCEPTISOL (SANTRI IFKY ARWANI P, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy