//

METODE PELAKSANAAN PEMBANGUNAN RUMAH TANPA KAYU

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang IQBAL MAULANA - Personal Name
SubjectESTIMATES TIMER - BUILDING CONSTRUCTION
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

Pembangunan rumah ini tidak memakai bahan material kayu sehingga sangat mendukung program lingkungan hijau yang sedang digalakkan pemerintah. Pada bagian struktur utama besi hollow digunakan sebagai penganti tiang struktural dan balok ikatan serta dapat diteruskan sampai struktur atap sehingga menjadi satu kesatuan. Kesatuan struktur yang saling berintegrasi inilah yang menyebabkan elastisitas sekaligus kekakuan pergerakan struktur boleh dikatakan sempurna. Demikian pula dengan seluruh struktur utama rumah ini yang menggunakan bahan besi hollow. struktur rumah saling terkoneksi akibat hubungan las sederhana sehingga ia mengayun bersama sesuai dengan dengan prinsip elastisitas akibat keserupaan bahan dan koneksi, dan karenanya sekaligus juga memiliki pertimbangan kekakuan dan kekuatan. Namun baja hollow tidak begitu solid karena bagian penampang yang memiliki rongga sehingga mudah mengalami tekuk pada saat menerima beban. Penampang yang kosong dapat disiasati dengan penambahan mortar untuk mengisi rongga kosong baja hollow tersebut. Kombinasi tersebut dapat mempengaruhi kapasitas baja hollow menjadi lebih kuat supaya dapat digunakan sebagai konstruksi struktural. Dinding mortar hanya terdiri dari bahan pasir dan semen, pasir merupakan material alami yang mudah didapat sedangkan semen juga banyak produsen yang memproduksi dan mudah dibeli, berbeda kalau membuat dinding dengan bahan bata/batako, maka bertambah ada satu jenis bahan yang dibutuhkan dengan harga tersendiri, bahan tersebut perlu diproses dan memerlukan waktu. Pada sisi lain dinding mortar diharapkan pula dapat mengurangi upah kerja akibat tidak ada biaya pasangan seperti dinding bata. Penambahan bracing pada portal dinding dapat meningkatkan kekuatan dan kekakuan dinding terhadap respon gempa. Hal ini terjadi karena bracing memberikan sumbangan kekuatan dalam menahan gaya tarik akibat beban gempa. Dinding cor bersifat sama dengan beton yaitu kekuatan tekannya jauh lebih tinggi dari pada kuat tariknya. Kelemahan dinding ini dapat tertutupi dengan adanya bracing. Kata Kunci : Baja Hollow, Bracing, dinding cor ditempat, rumah tanpa kayu.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

IDENTIFIKASI FAKTOR DOMINAN RISIKO BIAYA PADA PELAKSANAAN PROYEK KONSTRUKSI GEDUNG DI BANDA ACEH (YOSI ARMIDA, 2020)

PERENCANAAN BIAYA MATERIAL PADA PROYEK PEMBANGUNAN GEDUNG BPJN (BALAI PELAKSANA JALAN NASIONAL) TAHAP III (Muhammad Ricci Akbar, 2019)

STUDI PRINSIP KERJA AUTOMATIC TRANSFER SWITCH (ATS) PADARNBLUD RUMAH SAKIT IBU DAN ANAK PEMERINTAH ACEH (Muhammad Reza Fahlevi, 2014)

FAKTOR-FAKTOR IMPLEMENTASI GREEN CONSTRUCTION PADA PROYEK KONSTRUKSI GEDUNG DI PROVINSI ACEH (TARMIZI, 2021)

PADA PROYEK KONSTRUKSI BANGUNAN GEDUNG (RIFAT ADITYA HAWARI, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy