//

ANALISIS EFEKTIVITAS DAN PRODUKTIVITAS TENAGA KERJA MENGGUNAKAN METODE WORK SAMPLING PADA PEKERJAAN PASANGAN BATA ( Studi Kasus Pada Proyek Pembangunan Perumahan Tipe 70) ANALISIS EFEKTIVITAS DAN PRODUKTIVITAS TENAGA KERJA MENGGUNAKAN METODE WORK SAMPLING PADA PEKERJAAN PASANGAN BATA ( Studi Kasus Pada Proyek Pembangunan Perumahan Tipe 70)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Lily Yuliani - Personal Name
SubjectESTIMATES OF LABOR
CONCRETE BRICK
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Teknik
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Efektivitas dan produktivitas tenaga kerja merupakan suatu hal yang penting untuk diperhatikan dalam suatu proyek. Dengan adanya efektivitas dan produktivitas yang baik akan dapat meminimalkan biaya dan waktu dalam pelaksanaan proyek. Pada kenyataannya, dalam pelaksanaan proyek konstruksi seringkali dijumpai produktivitas tenaga kerja yang rendah. Permasalahan yang timbul yaitu seringkali adanya kegiatan yang tidak efektif dilakukan oleh tenaga kerja. Kegiatan seperti menganggur, mengobrol, minum, merokok, dan lain-lain akan menyebabkan efektivitas dan produktivitas tenaga kerja menurun. Penelitian mengenai efektivitas telah dilakukan oleh Siddiq (2011) pada proyek Pembangunan Central Drainage Office dan Proyek pembangunan Classroom of Faculty of Syariah IAIN Ar-Ranirry. Sementara itu penelitian mengenai efektivitas dan produktivitas tenaga menggunakan metode work sampling pada pekerjaan pasangan bata dilakukan oleh Zaki Fuad (2012) pada Proyek Pembangunan Rumah Toko. Penelitian ini bertujuan untuk menghitung tingkat efektivitas dan juga besarnya produktivitas tenaga kerja pekerjaan pasangan bata pada Proyek Pembangunan Perumahan Tipe 70 di Banda Aceh sebanyak tiga unit rumah. Adapun jumlah tenaga kerja dalam penelitian ini terdiri dari 6 kelompok kerja. Pengumpulan data menggunakan metode work sampling yaitu melakukan pencatatan waktu kerja terhadap aktivitas tenaga kerja. Waktu yang diperoleh digolongkan ke dalam tiga jenis aktivitas yaitu effective work, essential contributory work dan ineffective work. Efektivitas tenaga kerja ini dinyatakan dalam nilai Labor Utilization Rate (LUR). Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai LUR tertinggi dihasilkan oleh kelompok kerja 1 dengan nilai sebesar 75,50% dan menghasilkan produktivitas sebesar 1,57 m2/jam. Adapun nilai LUR terendah dihasilkan oleh kelompok kerja 6 dengan nilai sebesar 70,73% dan menghasilkan produktivitas sebesar 1,14 m2/jam. Nilai LUR lebih dari 50% yang dihasilkan oleh masing-masing kelompok kerja menunjukkan bahwa tenaga kerja bekerja dengan efektif. Kata Kunci: Efektivitas, Produktivitas, Work Sampling, LUR (Labor Utilization Rate)

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS PRODUKHTIVITAS PEKERJAAN PASANGAN DINDING BATA MERAH PADA PROYEK PEMBANGUNAN GEDUNG PENDIDIKAN FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Anshar Maulizar CA, 2016)

ANALISIS PRODUKTIVITAS TENAGA KERJA RNPADA PEKERJAAN SLOOFRN(STUDI KASUS PADA PROYEK PEMBANGUNAN TAMAN KANAK-KANAK INSAN MADANI,RNPANGO ULEE KARENG KOTA BANDA ACEH) (RAZAINI, 2015)

ANALISIS PRODUKTIVITAS TENAGA KERJA PADA PEKERJAAN PONDASI (STUDI KASUS PADA PROYEK PEMBANGUNAN HOTEL MURAYA BANDA ACEH) (Khairun Nisa, 2016)

ANALISA PRODUKTIVITAS PELAKSANAAN PEKERJAAN PEMASANGAN PENUTUP ATAP SPANDEK (STUDI KASUS PADA PROYEK PEMBANGUNAN PERUMAHAN GRIYA MATA IE, DESA LANG, KECAMATAN DARUL KAMAL, ACEH BESAR) (Adytiawarman, 2016)

KAJIAN KETERLAMATAN PADA PROYEK KONSTRUKSI PEMBANGUNAN GEDUNG PKP2A IV LAN ACEH (Masyitah Jumaidi, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy