//

ANALISA POTENSI ENERGI SURYA UNTUK ENERGI LISTRIK BANDA ACEH DAN SEKITARNYA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Bayu Alif Satari - Personal Name
SubjectSOLAR ENERGY - ENGINEERING
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

Krisis energi listrik sudah menjadi masalah umum di Indonesia. Khususnya Banda Aceh dan sekitarnya, dampak dari fenomena ini pun langsung berdampak kepada aktifitas masyarakat. Secara umum Indonesia yang memiliki iklim tropis sangat berpotensi akan pemanfaatan energi surya secara optimal. Khususnya Banda Aceh dan sekitarnya secara umum memiliki letak geografis di daerah pesisir, yang memiliki potensi energi surya yang potensial. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa nilai potensi dan juga efektifitas dari energi surya, kemudian menganalisa daya listrik yang dihasilkan oleh solar cell di Banda Aceh dan sekitarnya. Untuk mengetahui nilai potensi energi surya tersebut di awali dengan mengukur dan mengumpulkan nilai intensitas matahari. Ini dilakukan dengan cara menggunakan solar cell dengan mengukur nilai intensitas matahari, arus, tegangan dan temperatur. Penelitian ini didukung dengan pengumpulan data nilai intensitas matahari selama 2 bulan di tiga titik berbeda, yaitu halaman Laboratorium Rekayasa Thermal, BMKG Blang Bintang dan juga SMK PPN Saree. Penelitian ini menggunakan solar cell berjenis polycrystalline silicon dengan luas 0.715 m2 yang mendapati nilai intensitas matahari pada tanggal 27 Oktober 2016, sebesar 596 Watt/m2, dan daya keluaran listrik rata-rata sebesar 52.27 Watt. Tanggal 28 Oktober 2016, rata-rata intensitas cahaya matahari sebesar 475 Watt/m2dan daya keluaran listrik rata-rata sebesar 31.37 Watt. Tanggal 31 Oktober 2016, rata-rata intensitas cahaya matahari sebesar 330 Watt/m2, dan daya keluaran listrik rata-rata sebesar 30.77 Watt. Tanggal 1 November 2016, rata-rata intensitas cahaya matahari sebesar 686 Watt/m2, dan daya keluaran listrik rata-rata sebesar 50.93 Watt. Tanggal 2 November 2016 rata-rata intensitas cahaya matahari sebesar 675 Watt/m2, dan daya keluaran listrik rata-rata sebesar 49.84 Watt.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGUKURAN UNJUK KERJA SISTEM POMPA AIR TENAGA SURYA (Arif Yaddin, 2014)

RANCANGAN SISTEM PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA SURYA UNTUK POMPA AIR IRIGASI (Mukhtar Riyandri Tarigan, 2019)

KESEDIAAN RUMAH TANGGA UNTUK MENERAPKAN ENERGI LISTRIK ATAP TENAGA SURYA (SOLAR ROOF) DALAM MENGURANGI KETERGANTUNGAN TERHADAP ENERGI FOSIL DI KOTA BANDA ACEH (SHYLVIA ISMEINI PUTRI, 2021)

ANALISIS POTENSI RADIASI MATAHARI UNTUK MEMBANGKIT TENAGA LISTRIK PADA SOLAR CELL SEBAGAI SUMBER PENGGERAK POMPA AIR IRIGASI (NUR AZKIA, 2019)

PERAKITAN SISTEM PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA SURYA (PLTS) PANEL SEL SURYA SOLAR CELL-60 WATT (Noval, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy