//

JUMLAH CEMARAN ESCHERICHIA COLI PADA DAGING AYAM BROILER DI PASAR RUKOH, BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Dwi Rosa Selfiana - Personal Name
SubjectESCHERICHIA COLI-MEDICINE
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KEDOKTERAN HEWAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

JUMLAH CEMARAN Escherichia coli PADA DAGING AYAM BROILER DI PASAR RUKOH, BANDA ACEH ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jumlah cemaran Escherichia coli pada daging ayam broiler di Pasar Rukoh, Banda Aceh. Sampel penelitian yang digunakan adalah 4 paha dan 4 punggung daging ayam broiler. Pengambilan sampel dipilih secara acak pada empat pedagang Pasar Rukoh, Banda Aceh. Setiap pedagang diambil 2 sampel bagian daging ayam broiler sekitar punggung dan paha atas dan dimasukkan ke dalam plastik yang steril lalu masukkan ke dalam Cooler box. Metode pengujian yang dilakukan mengacu pada Bacteriological Analytic Manual dan Standar Nasional Indonesia (SNI) 01-2897- 2008. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif. Nilai cemaran Escherichia coli terendah 2,6 x 102 cfu/gr dan nilai tertinggi cemaran yaitu 5,2 x 102 cfu/gr. Semua sampel daging ayam telah tercemar Escherichia coli, yang memperlihatkan perubahan koloni berwarna metalik kehijauan pada media Eosin Methylen Blue Agar (EMBA). Dari penelitian ini dapat disimpulkan, bahwa jumlah cemaran Escherichia coli pada daging ayam broiler di Pasar Rukoh, Banda Aceh melebihi batas maksimum cemaran mikroba. Menurut SNI 01-7388- 2009 bahwa batas maksimum cemaran mikroba (BMCM) Escherichia coli pada daging ayam segar adalah kurang dari 1 x 101 cfu/gr. xi

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANGKA PREVALENSI CEMARAN BAKTERI ESCHERICHIA COLI PADA TANGAN PEDAGANG DAGING AYAM BROILER DI DUA PASAR TRADISIONAL KOTA BANDA ACEH (PANI NOVELIANI LUBIS, 2020)

ANGKA PREVALENSI CEMARAN BAKTERI ESCHERICHIA COLI PADA DAGING AYAM BROILER YANG DIJUAL DI TIGA PASAR TRADISIONAL KOTA BANDA ACEH (ERMA YUSINTHA RAMDHANIA, 2020)

ANGKA PREVALENSI CEMARAN BAKTERI ESCHERICHIA COLI PADA MEJA DAN PERALATAN PEDAGANG DAGING AYAM BROILER DI DUA PASAR TRADISIONAL KOTA BANDA ACEH (CHIARA GIRI PUSPA, 2020)

PERBANDINGAN RISIKO CEMARAN BAKTERI ESCHERICHIA COLI DAN SALMONELLA SP. PADA ABDOMEN AYAM DAN ALAS KANDANG SEBAGAI INDIKATOR SANIASI KANDANG. (PUTI RATU LOEMAYANG, 2020)

PENGARUH TINGKAT CEMARAN BAKTERI ESCHERICHIA COLI TERHADAP NILAI ORGANOLEPTIK PADA DAGING PAHA AYAM BROILER (GALLUS GALLUS DOMESTICUS) (Sri Rezeki Handa Nuryani, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy