ANALISA PENGENDALIAN KUALITAS MENGGUNAKAN METODE SIX SIGMA DAN 5 WHY PADA PT ACEH MEDIA GRAFIKA | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

ANALISA PENGENDALIAN KUALITAS MENGGUNAKAN METODE SIX SIGMA DAN 5 WHY PADA PT ACEH MEDIA GRAFIKA


Pengarang

Fitriana Risna - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1204106010013

Fakultas & Prodi

Fakultas Teknik / Teknik Industri (S1) / PDDIKTI : 26201

Penerbit

Banda Aceh : FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS SYIAH KUALA., 2017

Bahasa

Indonesia

No Classification

658.5

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

PT. Aceh Media Grafika adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang percetakan dan penerbitan dengan produk utamanya yaitu surat kabar Harian Serambi Indonesia yang merupakan surat kabar andalan masyarakat Aceh. Persaingan di dunia usaha yang semakin ketat dewasa ini mendorong Harian Serambi Indonesia untuk terus meningkatkan kualitas dengan menekan angka produk cacat dalam proses produksinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat cacat dari Harian Serambi Indonesia yang dihasilkan dan menganalisis faktor apa yang menyebabkan cacat produk di PT Aceh Media Grafika, dengan menggunakan metode six sigma dan 5 why. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada tiga penyebab produk cacat tertinggi yaitu: warna kabur sebanyak 50%, tidak register sebanyak 20% dan kotor 30%. Dengan menggunakan metode six sigma dapat diketahui bahwa kualitas surat kabar yang dihasilkan oleh PT Aceh Media Grafika masih berada dibawah nilai sigma rata-rata industri di Indonesia, dengan pencapaian sigma 2,75 dan tingkat kerusakan 115.847 Eksemplar untuk sejuta produksi.
Kata kunci: kualitas, six sigma, 5 why

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK