//

ANALISIS BULLWHIP EFFECT PADA RANTAI PASOK DI PT BINA USAHA PRATAMA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Desi Santi Riyana - Personal Name
SubjectSUPPLY CHAIN
OILS - INDUSTRIAL
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

Distribusi merupakan aktivitas utama bagi perusahaan distributor. Sebagai distributor sangat bergantung dengan jumlah persediaan atau stok barang yang akan disalurkan ke pelanggan. Untuk menciptakan suatu pelayanan yang diharapkan maka diperlukan koordinasi antara semua pihak dalam supply chain. Kurangnya koordinasi dapat menimbulkan kesalahan informasi yang dapat menyebabkan variasi permintaan. Pendistribusian produk merupakan salah satu permasalahan yang terdapat pada PT Bina Usaha Pratama dikarenakan dalam pendistribusian produk sering terjadi simpangan yang jauh antara persediaan dengan permintaan atau yang disebut dengan Bullwhip Effect. PT Bina Usaha Pratama merupakan perusahaan distribusi produk FMCG yang mendistribusikan produk-produk Unilever untuk wilayah Banda Aceh dan sekitarnya. Produk Zwitsal dan Rexona merupakan produk yang dipilih pada penelitian ini, karena produk tersebut sering terjadi kekurangan persediaan. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengukur nilai Bullwhip Effect dan menentukan solusi untuk mengurangi Bullwhip Effect dengan penerapan konsep DRP. DRP merupakan metode untuk menangani pengadaan persediaan dalam suatu jaringan distribusi yang bertujuan untuk merencanakan panjadwalan aktivitas pendistribusian produk dengan biaya yang minimal dan jumlah yang optimal. Hasil penelitian menunjukkan terjadinya bullwhip effect pada produk-produk tersebut. Besarnya nilai Bullwhip Effect untuk produk Zwitsal adalah 1,217 dan produk Rexona adalah 1,241. Kemudian produk Zwitsal dan Rexona dikonversikan ke family produk, selanjutnya peramalam dilakukan berdasarkan family produk. Dengan menggunakan metode DRP didapatkan nilai EOQ untuk produk Zwitsal dan Rexona adalah 2.236 karton. Sedangkan total biaya distribusi 24 periode ke depan (Des 2016 – Mei 2017) untuk produk Zwitsal dan Rexona adalah Rp 41.555.444. Kata kunci: Supply Chain, Distorsi Informasi, Persediaan, Bullwhip Effect, Distribution Requirement Planning (DRP)

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS RISIKO PADA RANTAI PASOK KOMODITAS KENTANG (SOLANUM TUBEROSUM L.) DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN FAILURE MODE EFFECT AND ANALYSIS (FMEA) DI PROVINSI ACEH (Aulia Putra Zalvi, 2021)

PENINGKATAN KINERJA SUPPLY CHAIN MANAGEMENT MENGGUNAKAN PENDEKATAN SUPPLY CHAIN OPERATIONS REFERENCE (STUDI KASUS: PT XYZ) (Luthfi Gus Pratama M, 2016)

ANALISIS KINERJA RANTAI PASOK BERAS PADA KILANG PADI SKALA BESAR DI KABUPATEN BIREUEN (Naya Desparita, 2020)

PENGARUH KEAHLIAN SELLER TERHADAP SUPPLY CHAIN RELATIONSHIP DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN (STUDI PADA USAHA MEUBEL DI KOTA BANDA ACEH) (Ramadhan, 2017)

RANTAI PASOK BAHAN BAKU (LOGISTIK) LABORATORIUM DESAIN DAN MANUFAKTUR (LDM) PADA PRODUK FLANGE DAN KINCIR AIR (Purnama Ramdhani, 2013)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy