//

ANALISIS PENGARUH PENGARUH BELANJA PENDIDIKAN, BELANJA KESEHATAN, TINGKAT KEMISKINAN DAN PRODUK DOMESTIK REGIONAL BRUTO (PDRB) TERHADAP INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA (IPM) DI PROVINSI ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Muliza - Personal Name
SubjectECONOMIC DEVELOPMENT
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Ilmu Ekonomi Unsyiah
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Pembangunan manusia merupakan suatu ukuran yang digunakan untuk mengukur keberhasilan pembangunan. khususnya dalam pendapatan, kesehatan, dan pendidikan. Salah satu tolok ukurannya dapat dilihat melalui indeks pembangunan manusia. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh dari variabel-variabel belanja pemerintah pada sektor kesehatan dan pendidikan, tingkat kemiskinan serta Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) terhadap Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Provinsi Aceh. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi data panel dengan estimasi parameter model menggunakan random effect model (REM). Data yang digunakan adalah data panel selama periode 2010-2014. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel pengeluaran pemerintah di sektor pendidikan dan kesehatan tidak berpengaruh signifikan terhadap indeks pembangunan manusia, hal ini terjadi karena pemerintah kabupaten/kota masih lebih dominan mengalokasikan belanjanya yang pada jenis belanja yang secara tidak lansung memberikan pengaruh terhadap IPM. Sedangkan variabel kemiskinan berpengaruh negatif dan signifikan terhadap indeks pembangunan manusia, maka dengan menurunnya tingkat kemiskinan dapat meningkatkan indeks pembangunan manusia. PDRB berpengaruh positif dan signifikan terhadap indeks pembangunan manusia, yang berarti PDRB meningkat maka IPM juga akan meningkat. Kata kunci : IPM, belanja pendidikan, belanja kesehatan, kemiskinan dan PDRB

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS PENGARUH PENGARUH BELANJA PENDIDIKAN, BELANJA KESEHATAN, TINGKAT KEMISKINAN DAN PRODUK DOMESTIK REGIONAL BRUTO (PDRB) TERHADAP INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA (IPM) DI PROVINSI ACEH (Muliza, 2017)

PENGARUH VARIABEL INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA (IPM), PRODUK DOMESTIK REGIONAL BRUTO (PDRB), DAN JUMLAH PENGANGGURAN TERHADAP JUMLAH PENDUDUK MISKIN DI PROVINSI ACEH (Eka Agustina, 2020)

ANALISIS PENGARUH DANA ALOKASI UMUM DAN BELANJA LANGSUNG TERHADAP PRODUK DOMESTIK REGIONAL BRUTO DI PROVINSI ACEH (Zulham Azhari, 2020)

PENGARUH TINGKAT PENGANGGURAN, INFLASI DAN UPAH MINIMUM PROVINSI TERHADAP PRODUK DOMESTIK REGIONAL BRUTO DI PROVINSI ACEH (RUSYQY FUAD ARSA BARUS, 2021)

PENGARUH PDRB DAN ZAKAT DALAM MENGURANGI KEMISKINAN DAN KESENJANGAN PENDAPATAN DI PROVINSI ACEH (DARA MEUTIA, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy