//

ANALISIS TEGANGAN DAN REGANGAN AKIBAT BEBAN DINAMIS PADA TANGAN MEKANIK MENGGUNAKAN METODE ELEMEN HINGGA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang M.syahril Anwar - Personal Name
SubjectCONCRETE
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

Penelitian ini membahas tentang distribusi tegangan dan regangan akibat beban dinamis pada tangan mekanik. Tegangan dan regangan yang terjadi pada tangan mekanik adalah perhatian utama untuk membandingkan nilai perhitungan metode elemen hingga dengan sifat mekanik material. Analisa tegangan dan regangan dengan satu kondisi pembebanan. Kondisi pembebanan yang diberikan adalah dynamic-implicit, hasil yang diperoleh dengan berdasarkan hydraulic hand dynamometer pada 10 sampel pengukuran kekuatan genggaman. Beban yang diberikan berupa nilai increment terhadap waktu dengan maksimum 708 N/m2 dalam waktu 1 menit. Hasil simulasi tegangan (Von mises) maksimum sebesar 1,731 x 105 Pa dan regangan maksimum sebesar 7,441 x 10-7. Reaction force maksimum sebesar 5,864 x 10-2 N , sedangkan displacement maksimum terjadi pada part bagian distal adalah sebesar 1,223 x 10-1 m. Dari hasil analisa tegangan maksimum terjadi pada bagian extension dan regangan maksimum terjadi pada bagian extension. Hasil penelitian didapat bahwa tegangan dan regangan yang terjadi masih jauh dibawah kekuatan luluh dan tegangan geser izin dari material AISI 1010, sehingga dapat dinyatakan tangan mekanik ini aman terhadap pembebanan yang diberikan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa tangan mekanik dapat digunakan untuk menggenggam benda dengan diameter minimal +45 mm.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

DESAIN DAN ANALISIS SEBUAH TRANSDUSER GAYA SEBAGAI SENSOR PENGUKURAN GAYA DENGAN MENGGUNAKAN METODE ELEMEN HINGGA. (Maal Abrar, 2018)

KAJI EKSPERIMENTAL DAN SIMULASI POROS PENGGERAK MESIN KEMPA ULIR (Muhammad Irvin Barizi, 2019)

PENGARUH MODEL SHEAR MODULUS TERHADAP HASIL ANALISIS PANEL BETON BERTULANG DENGAN MENGGUNAKAN METODE ELEMEN HINGGA NONLINIER (Ferina Rizkia, 2015)

PENGARUH LAJU REGANGAN TERHADAP SIFAT MEKANIK BAJA PADUAN RENDAH ASTM A36 (Muhibbur Rachman, 2016)

OPTIMASI LOAD CELL 1 AXIS KAPASITAS 3 KN (Muhammad Luthfi Al Qauli, 2021)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy