//

ANALISA ALTERNATIF MATERIAL DINDING TAHAN GEMPA PADA RUMAH TIPE 45 MENGGUNAKAN METODE REKAYASA NILAI

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Kemal Achyar - Personal Name
SubjectEARTHQUAKE - RESESTANT - BUILDINGS
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

Salah satu bentuk kerusakan akibat gempa adalah kerusakan pada dinding bata merah penyekat/pengisi. Saat ini sudah terdapat beberapa alternatif pengganti bata merah sebagai dinding pengisi tahan gempa yang lebih ringan dan lebih kuat dari bata merah antara lain material Batu Bata Gajah, pasangan B-Panel dan bata ringan LEIBEL. Batu Bata Gajah terbuat dari campuran tanah dan semen yang dipadatkan. B-Panel adalah suatu sistem bangunan yang tersusun atas Expanded Polystyrene (EPS), wiremesh (sebagai tulangan), dan cor-an beton. Bata ringan Leibel adalah bata ringan AAC ( Autoclave Aerated Concrete ) yang dibuat dari bahan baku berkualitas seperti semen, pasir silika, kapur bakar, gypsum dan alumunium pasta. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui alternatif terbaik sebagai dinding pengisi tahan gempa dengan biaya optimal. Metode yang digunakan adalah rekayasa nilai. Tujuan rekayasa nilai adalah untuk memperoleh produk yang sesuai dengan fungsi yang dibutuhkan dengan biaya optimal. Rekayasa nilai dilakukan dengan melakukan perbandingan antara desain awal dengan desain alternatif pada rumah sederhana tipe 45 sebagai model penelitian. Desain awal meliputi pekerjaan struktural beton bertulang dengan dinding pengisi bata merah. Desain alternatif yaitu pekerjaan struktural dan dinding pengisi dengan menggunakan material Batu Bata Gajah, pasangan B-Panel serta pekerjaan struktural beton bertulang dengan dinding pengisi bata ringan LEIBEL. Hasil penelitian menunjukkan desain alternatif pasangan B-Panel sebagai struktural dan dinding bangunan menjadi alternatif terbaik material dinding tahan gempa pada penelitian ini dengan menghemat biaya sebesar 7,34% serta unggul di aspek upah pekerja, biaya material, durasi pekerjaan, mutu dan ketahanan gempa, kemudahan pelaksanaan serta lingkungan. Kata kunci : dinding tahan gempa, rekayasa nilai, Batu Bata Gajah, B-Panel, bata ringan LEIBEL, batu bata merah

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

OPTIMALISASI BIAYA PEKERJAAN RANGKA STRUKTURAL DAN DINDING PENGISI MENGGUNAKAN METODE REKAYASA NILAI (Maulana Rizki, 2015)

EFISIENSI BIAYA PEKERJAAN DINDING MENGGUNAKAN METODE REKAYASA NILAI PADA PROYEK PEMBANGUNAN RUANG BELAJAR STIKES MEDIKA NURUL ISLAM SIGLI (Haris, 2016)

ANALISIS KINERJA STRUKTUR GEDUNG BETON BERTULANG ASIMETRIS DENGAN BASE ISOLATOR MENGGUNAKAN ANALISIS BEBAN DORONG (PUSHOVER) (Iqlal Suriansyah, 2020)

PENENTUAN PEAK GROUND ACCELERATION (PGA) EMPIRIS WILAYAH ACEH TENGAH MENGGUNAKAN METODE DONOVAN (Leadysa Pratiwi, 2019)

DESAIN RUMAH TINGGAL TIPE +36 MENNGUNAKAN MATERIAL INTERLOCKING BRICK (Gilang Sandrya, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy