DEKOMPOSISI SERASAH DAUN MANGROVE RHIZOPHORA MUCRONATA DI PESISIR UTARA KABUPATEN ACEH BESAR | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

DEKOMPOSISI SERASAH DAUN MANGROVE RHIZOPHORA MUCRONATA DI PESISIR UTARA KABUPATEN ACEH BESAR


Pengarang

Titin Setiawati - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1211101010036

Fakultas & Prodi

Fakultas Kelautan dan Perikanan / Ilmu Kelautan (S1) / PDDIKTI : 54241

Penerbit

Banda Aceh : FAKULTAS KELAUTAN DAN PERIKANAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA., 2017

Bahasa

Indonesia

No Classification

1

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
Mangrove berperan sebagai pemasok bahan organik yang berasal dari daun, dahan, ranting, bunga dan buah. Serasah mangrove adalah bahan-bahan mangrove yang telah mati terletak di atas permukaan tanah dan mengalami dekomposisi. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji produktivitas ekosistem mangrove melalui persentase daun yang yang terdekomposisi, koefisien dekomposisi dan t50 dari daun serasah mangrove. Penelitian ini dilakukan dari Bulan Juli sampai September 2016 di kawasan pesisir utara Kabupaten Aceh Besar. Penelitian ini dilakukan pada 6 stasiun yaitu stasiun 1 (Gampong Krueng Cut), stasiun 2 (Gampong Ladong), stasiun 3 – 4 (Gampong Beurenut), stasiun 5 (Gampong Lampanah) dan stasiun 6 (Gampong Leungah). Pada setiap stasiun sampel diletakkan pada sub stasiun yang mengarah ke laut dan mengarah ke darat. Metode yang digunakan untuk pengukuran dekomposisi serasah menggunakan litter bag yang terbuat dari jaring nilon dengan ukuran 20x30 cm. Serasah daun yang telah dikumpulkan dimasukkan ke dalam litter bag, kemudian ditempatkan pada akar mangrove untuk melihat proses dekomposisi. Berat serasah awal yang digunakan adalah 12 g setiap perlakuan. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai persentase dekomposisi serasah daun mangrove Rhizopora mucronata untuk hari ke-49 pada sub stasiun ke arah laut adalah 48,58 % dan sub stasiun ke arah darat 41,53 %. Persentase serasah mangrove yang terdekomposisi bertambah pada waktu yang lebih lama baik sub stasiun ke arah laut dan sub stasiun ke arah darat, tetapi nilai persentase pada sub stasiun ke arah laut lebih tinggi dibandingkan sub stasiun ke arah darat. Nilai sisa serasah pada hari terakhir untuk sub stasiun ke arah laut 51,42 % dan sub stasiun ke arah darat 58,47 %. Dekomposisi serasah untuk spesies Rhizopora mucronata tergolong dalam kategori sangat cepat yaitu pada sub stasiun ke arah laut adalah 0,012 dan sub stasiun ke arah darat 0,010. Waktu paruh (t50) yang dibutuhkan pada serasah daun mangrove untuk sub stasiun ke arah laut adalah 57 hari dan sub stasiun ke arah darat adalah 69 hari.
Kata kunci : Mangrove, dekomposisi serasah, pesisir utara Aceh Besar, Rhizopora
mucronata.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK