//

PERBEDAAN LAJU ALIRAN SALIVA SEBELUM DAN SESUDAH STIMULASI ANTARA MENGUNYAH NANAS (ANANAS COMOCUS) DAN PEPAYA (CARICA PAPAYA)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Trisna Fitri - Personal Name
Fakultas Fakultas Kedokteran
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Nama : Trisna Fitri Program Studi : Pendidikan Dokter Gigi Fakultas : Kedokteran Gigi Judul : Perbedaan Laju Aliran Saliva Sebelum dan Sesudah Stimulasi Antara Mengunyah Nanas (Ananas comocus) dan Pepaya (Carica papaya) Laju aliran saliva adalah jumlah aliran saliva yang dinyatakan dalam ml/menit yang dikumpulkan dalam rongga mulut. Laju aliran saliva dapat mengalami peningkatan dengan menggunakan berbagai stimulus seperti stimulus mekanik dan kimiawi. Salah satu cara alami untuk meningkatkan laju aliran saliva adalah dengan menggunakan buah nanas dan pepaya. Nanas dan pepaya merupakan buah yang dikonsumsi sehari-hari. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui perubahan laju aliran saliva mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Syiah Kuala angkatan 2013-2016 sebelum dan sesudah mengunyah nanas (Ananas comocus) dan pepaya (Carica papaya). Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian pre-eksperimental dengan two group pretest post test design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa/i Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Syiah Kuala. Subjek yang termasuk dalam kriteria inklusi sebesar 100 orang. Hasil analisis data pada uji statistik dengan uji t berpasangan menunjukkan terdapat perbedaan laju aliran saliva yang signifikan antara sebelum dan sesudah mengunyah nanas (Ananas comocus) dengan nilai p=0,000 (p

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN LAJU ALIRAN SALIVA DAN PH SALIVA SETELAH BERKUMUR MONOSODIUM GLUTAMAT PADA MAHASISWA KEDOKTERAN GIGI FAKULTAS KEDOKTERAN GIGI UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Firman Tirma, 2014)

GAMBARAN PH DAN LAJU ALIRAN SALIVA SETELAH STIMULASI CABAI MERAH (CAPSICUM ANNUUM VAR LONGUM) PADA BODY MASS INDEX (BMI) KELOMPOK GEMUK (MUHAMMAD FARHAN, 2020)

PERUBAHAN LAJU ALIRAN SALIVA SEBELUM DAN SESUDAH BERKUMUR REBUSAN JAHE MERAH (ZINGIBER OFFICINALE VAR. RUBRUM) PADA MAHASISWA FKG UNSYIAH ANGKATAN 2016 (Niken Yulia, 2017)

PERUBAHAN LAJU ALIRAN DAN PH SALIVA SEBELUM DAN SESUDAH MENGONSUMSI SUSU ULTRA HIGH TEMPERATURE LOW FAT (STUDI PADA MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN GIGI UNSYIAH ANGKATAN 2017) (ARIE MAULIZA PUTRI, 2020)

PERBANDINGAN LAJU ALIRAN DAN PH SALIVA SEBELUM DAN SESUDAH KONSUMSI MADU DENGAN AIR MINERAL (STUDI PADA MAHASISWA FKG UNIVERSITAS SYIAH KUALA ANGKATAN 2017 DAN 2018) (TRISNA IMANI, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy