//

PENGARUH PEMBERIAN AIR KELAPA DAN ARANG AKTIF DALAM MEDIA MS TERHADAP REGENERASI KALUS ANGGREK Dendrobium sp. Kultivar Bertha Chong SECARA IN VITRO

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Dessi Novita Sari - Personal Name
SubjectADSORPTION
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas mipa
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

Dendrobium merupakan salah satu genus anggrek paling komersial. Teknik kultur in vitro merupakan salah satu solusi untuk memenuhi permintaan pasar bagi anggrek Dendrobium. Bahan organik seperti air kelapa bersama dengan zat arang aktif sering ditambahkan dalam medium in vitro untuk meregenerasikan kalus anggrek. Penambahan arang aktif tidak hanya menyerap senyawa-senyawa toksik tetapi juga bahan organik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mencari kombinasi konsentrasi air kelapa dan arang aktif yang paling tepat dalam media regenerasi kalus. Penelitian dilaksanakan di Laboratorium Biologi Sel dan Molekuler Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh sejak bulan Maret hingga November 2013. Metode penelitian adalah Rancangan Acak Lengkap Faktorial dengan dua faktor, yaitu faktor air kelapa dan arang aktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kombinasi konsentrasi 150 mL/L air kelapa dan 2,0 g/L arang aktif menunjukkan hasil yang paling baik karena merupakan satu-satunya perlakuan yang mampu menghasilkan planlet dalam 60 hari.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH PEMBERIAN AIR KELAPA DAN BUBUR PISANG PADA MEDIA MS TERHADAP PERTUMBUHAN PLANLET ANGGREK KELINCI (DENDROBIUM ANTENNATUM LINDL.) SECARA IN VITRO (Mira Humaira, 2015)

PENGARUH KOMPOSISI MEDIA TANAM TERHADAP PERTUMBUHABEBERAPA JENIS ANGGREK PADA TAHAP PEMBIBITAN (Sajida Abbas, 2014)

IMMOBILISASI ARANG AKTIF PADA BENANG DAN UJI DAYA SERAPNYA TERHADAP METHYLENE BLUE (ANITA, 2019)

IMOBILISASI ARANG AKTIF PADA KAIN UNTUK MENYERAP GAS AMONIA (MAILY RIZKI, 2019)

MODIFIKASI KITOSAN MENGGUNAKAN EDTA ANHIDRIDA DAN ARANG AKTIF DARI TANDAN KOSONG KELAPA SAWIT SERTA APLIKASINYA SEBAGAI ADSORBEN ION LOGAM KADMIUM (Ulfa Audina, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy